Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Bank Indonesia – SAM Air Kerjasama Distribusi Uang Rupiah ke Dua Wilayah di Papua

Bank Indonesia - SAM Air
Penandatanganan perjanjian kerjasama Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua dan PT SAM Air.

Jayapura – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua bekerjasama dengan PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM Air) terkait pendistribusian uang rupiah ke dua wilayah di Papua yaitu Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Kerjasama tersebut diwujudkan melalui penandatanganan berita acara yang dilakukan oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga bersama President Direktur SAM Air, Wagus Hidayat, di Bandara Sentani Jayapura, Selasa (12/5/2020) pagi.

Penandatanganan kerjasama turut disaksikan oleh Direktur Operasional Bank Papua, Isak Wopari, Pemimpin BRI Wilayah Jayapura, GDE Winata, Danlanud Sentani, Marsekal Pertama TNI AU Ir. Triwibowo Budi Santoso dan Kapolsek Kawasan Bandara Sentani, Iptu Ihaka M Imoliana.

Dalam kerja sama tersebut PT. SAM Air turut memberikan partisitasi dalam meningkatkan efisiensi pengiriman uang dengan memberikan paket F2P1 (Flight 2 Pay 1) kepada Bank Indonesia, yaitu Bank Indonesia cukup membayar 1 kali penerbangan untuk 2 kali penerbangan yang dilakukan.

Naek mengatakan bahwa jangkauan distribusi uang rupiah oleh Bank Indonesia di Papua tidak bisa efisien dan efektif lantaran kantor perwakilan Bank Indonesia hanya ada di Kota Jayapura yang merupakan ibukota Provinsi Papua.

Sejak beberapa tahun lalu Bank Indonesia bekerjasama dengan bank umum sebagai kas titipan untuk pendistribusian uang rupiah.

“Tentunya dalam mendistribusikan uang rupiah ke kas titipan, kami menggunakan transportasi udara dan laut reguler. Tetapi sejak pembatasan sosial diberlakukan pada 26 Maret 2020 sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 di Papua, akses penerbangan reguler ditiadakan, sehingga untuk mendistribusikan uang rupiah ke kas titipan, kami encari terobosan, salah satunya kerjasama dengan SAM Air,” kata Naek.

Ia mengungkapkan, sebelumnya Bank Indonesia telah bekerjasama dengan SAM Air untuk pendistribusian uang rupiah ke kas titipan di Nabire.

Dalam meningkatkan efisiensi pengiriman uang rupiah, SAM Air memberikan paket Flight 2 Pay 1/Terbang 2 kali Bayar 1 kali (F2P1) yaitu Bank Indonesia cukup membayar satu kali untuk dua kali penerbangan. Ia berharap kerjasama tersebut di masa Covid-19 dapat berjalan lancar, aman dan lebih efisien.

Namun demikian, walaupun Bank Indonesia selalu berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan uang tunai, dalam rangka mencegah perluasan penyebaran COVID19, BI senantiasa mengimbau masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik, dan QR Code Pembayaran dengan standar QRIS (QR Code Indonesian Standard).

President Direktur SAM Air, Wagus Hidayat menyampaikan terimakasih kepada Bank Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada perusahaan SAM Air untuk melaksanakan pendistribusian uang rupiah ke sejumlah wilayah di Papua.

Ia berharap kerjasama tersebut menjadi motivasi bagi masyarakat sehingga perekonomian yang mengalami kontraksi di masa pandemi corona ini dapat segera membaik.

Artikel Terkait

Transaksi E-Commerce di Papua Turun 50,77 Persen, Ini Penyebabnya

Zulkifli

Transaksi Keuangan Digital Tumbuh 30 Persen

Zulkifli

Begini Cara BI Bantu UMKM Papua Tetap Bertahan

Zulkifli

Perekonomian Papua Stabil Pasca Merebaknya Virus Corona

Fani

BI Papua Karantina Uang untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Zulkifli

Virus Corona Belum Berdampak Secara Masif Terhadap Perekonomian Papua

Zulkifli

BI Papua Roadshow Sosialisasi Penggunaan QRIS

Zulkifli

BI dan Stakeholder Bahas Perkembangan Perekonomian Papua

Zulkifli

BI Rekomendasikan Dua Hal Ini Tingkatkan Perekonomian Sektor Pariwisata

Zulkifli