Pasific Pos.com
Headline

Provinsi Papua Raih Penghargaan Terbaik mengendalikan inflasi Daerah

Gubernur Papua Lukas Enembe ketika mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2021, Rabu (25/08/2021) pagi, yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual, Rabu, 25 Agustus 2021.

Jayapura – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dinobatkan sebagai provinsi terbaik pengendali inflasi daerah dengan diraihnya penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Award 2021.

Penghargaan ini dibacakan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Rabu (25/08/2021) pagi, di Istana Negara, Jakarta.

Gubernur Provinsi Papua Bapak Lukas Enembe SIP MH berterima kasih kepada Pemerintah Pusat atas penilaian terbaik kepada Provinsi Papua, semua ini tak lepas dari kerja sama dan komunikasi yang semakin membaik antara Pemerintah Pusat dan Pemprov Papua dalam mengelola dan mengendalikan inflasi di Tanah Papua.

“Kami menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintahan Provinsi Papua yang telah bekerja keras, cerdas dan terukur sehingga mendapatkan penghargaan “provinsi terbaik” pada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award 2020. Penghargaan ini dinilai menjadi motivasi tersendiri bagi Pemprov Papua untuk dapat bekerja semakin baik. Mengelola inflasi berarti ukurannya ialah daya beli masyarakat, sehingga komponen kesejahteraan melalui peningkatan pendapatan masyarakat menjadi hal penting untuk terus diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi Papua agar perekonomian di Papua terus maju bergerak sekalipun persoalan pandemi Covid-19 terus membayangi,” kata Gubernur Lukas Enembe dalam press release yang diterima redaksi.

Gubernur Lukas Enembe menekankan bahwa untuk menjaga inflasi tetap terkontrol terutama pada saat penerapan PPKM, jajaran Pemprov Papua berupaya untuk menjalankan rekomendasi dari Pemerintah Pusat melalui strategi 4K yakni Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif.

Gubernur Papua menyadari bahwa pengendalian inflasi nasional memang membutuhkan dukungan maksimal dari daerah, mengingat inflasi nasional merupakan agregasi dari inflasi daerah.

Karena itu, koordinasi melalui harmonisasi kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib untuk diperhatikan. Selain itu, Gubernur juga berterimakasih kepada beberapa daerah yang selama ini telah membuka diri untuk melakukan kerjasama perdagangan antar daerah. Sinergitas seperti ini tentu menjadi kunci pokok keberhasilan dalam melakukan pengendalian inflasi.

Dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2021 yang mengusung tema “Mendorong Peningkatan Peran UMKM Pangan Melalui Optimalisasi Digitalisasi untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Pangan”

Berikut daftar peraih TPID Award tersebut:
TPID Kabupaten/Kota Berprestasi 2020:
Wilayah Sumatra pemenangnya adalah Kabupaten Tanah Datar.
Wilayah Jawa-Bali pemenangnya adalah Kabupaten Blitar.
Wilayah Kalimantan pemenangnya adalah Kabupaten Kutai Barat.
Wilayah Sulawesi pemenangnya adalah Kabupaten Bone Bolango.
Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua pemenangnya adalah Kabupaten Maluku Tenggara.

TPID Kabupaten/Kota Terbaik 2020:
Wilayah Sumatra pemenangnya adalah Kota Pekanbaru; Wilayah Jawa-Bali pemenangnya adalah Kabupaten Banyuwangi;
Wilayah Kalimantan pemenangnya adalah Kota Samarinda;
Wilayah Sulawesi pemenangnya adalah Kota Gorontalo; dan Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua pemenangnya adalah Kota Jayapura.

TPID Provinsi Terbaik 2020:
Wilayah Sumatra pemenangnya adalah Provinsi Sumatra Utara;
Wilayah Jawa-Bali pemenangnya adalah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta;
Wilayah Kalimantan pemenangnya adalah Provinsi Kalimantan Barat;
Wilayah Sulawesi pemenangnya adalah Provinsi Gorontalo;
Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua pemenangnya adalah Provinsi Papua.

Artikel Terkait

Gubernur Enembe Tiba di Jayapura

Bams

Yunus Wonda : Perhatian Pempus Hari Ini Lebih Pada Keamanan Papua, Bukan Persoalan Gonta Ganti Pejabat

Bams

FPK Papua Bantah Bicara Politik

Bams

Forum Peduli Kemanusiaan dan Ketua Peradilan Adat Sentani Diminta Segera Minta Maaf

Bams

Lukas Enembe: Jangan Mau Diadu Domba Hanya untuk Kepentingan Politik

Bams

HUT Pemprov Papua, Ini pesan Gubernur Lukas Enembe

Bams

Gubernur Papua Deklarasi Capres 2024, “HOAX”

Bams

Gubernur Enembe Serahkan DIPA dan TKDD Senilai Rp 57,41 triliun

Bams

Gubernur Papua Bantah Dana Rp 12 Triliun Mengendap

Bams