Pasific Pos.com
Papua Selatan

Ady Muslimin: Relawan Covid 19 Dibentuk Untuk Bantu Pemerintah

Relawan Covid 19 merauke
Salah satu penggagas Relawan Covid 19 Merauke, Ady Muslimin (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,-Salah satu penggagas Relawan Covid 19 Merauke, Ady Muslimin menegaskan bahwa wadah relawan ini dibentuk semata-mata untuk membantu pemerintah daerah dalam memberantas wabah Covid 19 sehingga tidak semakin meluas.

Wadah ini dibentuk hampir bersamaan pasca pemerintah menetapkan wabah ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) beberapa waktu lalu. Jadi para relawan langsung bergerak dengan membuka posko yang dalam hal ini berada di Markas PMI dan tetap konsisten untuk memberikan dukungan kepada Pemda, TNI dan Polri untuk memerangi Covid 19 di daerah ini.

“Sasaran kegiatan kita memang lebih mengarah kepada masyarakat yang tergolong ekonomi lemah dan warga asli Papua karena di tengah situasi KLB ini mereka tetap harus memikirkan cara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kondisi yang ada tentu sangat menyulitkan mereka dalam mencari nafkah sehingga kami berupaya merangkul untuk melakukan advokasi, edukasi dan mendistribusikan bantuan untuk melindungi diri seperti masker dan lain sebagainya,”ujar Ady kepada ARAFURA News di Koplink Coffee and Roastery Kamis lalu. Lebih lanjut ia mengungkapkan, para relawan juga turut membantu tenaga medis yang tengah merawat pasien di rumah sakit dan puskesmas dengan memberikan bantuan APD serta menggandeng sejumlah UMKM yang ikut membantu memberikan makanan sebagai suplemen tambahan.

Bahkan para ibu rumah tangga dan penjahit turut dirangkul untuk membantu menjahit masker dan akan diberikan kepada masyarakat. Tugas dari posko sendiri adalah menyuplay bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatan masker tersebut.

“Jadi mereka tetap bisa berkarya dengan bekerja di rumah selama masa social distancing masih berlaku dan tetap menjaga keluarganya agar tidak terpapar Covid 19. Untuk itu edukasi terus kami berikan kepada mereka,”terang Ady.

Lebih lanjut Ady menambahkan, Relawan Covid 19 Merauke juga aktif menggalang dana dari masyarakat luas dan pihak swasta dengan harapan dapat membantu kebutuhan operasional di lapangan. Oleh sebab itu sejumlah mitra dari kalangan pengusaha turut dilibatkan karena menurutnya masih ada pengusaha yang memang mempunyai jiwa sosial dan kepedulian tinggi sejalan dengan visi yang diusung oleh Relawan Covid 19 Merauke.

Artikel Terkait

Rumah Aspirasi H. Sulaeman L.Hamzah Terus Berbagi Di Tengah Covid-19

Arafura News

Di Tengah Pandemi, Hasjrat Toyota Bagi-Bagi Sembako

Arafura News

Paguyuban Keluarga Jember Bantu Sembako

Arafura News

Lanud J.A.Dimara Bagi Sembako Bagi Warga Terdampak Covid-19

Arafura News

Beras Merauke Kembali Dikirim Keluar Daerah

Arafura News

Bupati : Petani Adalah Pahlawan Pangan

Arafura News

Bupati Gencar Promosi Pertanian Merauke

Arafura News

Sambut Ramadhan Selama Social Distancing

Arafura News

Peran BPJS Kesehatan Di Balik Covid 19 Serta Kemudahan Layanan

Arafura News