Pasific Pos.com
Headline

29 Pasien Positif Covid-19 di Papua Sembuh

29 Pasien Positif Covid-19 di Papua Sembuh
Info grafis perkembangan Covid-19 Papua, update 17 Maret s/d 20 April 2020

JAYAPURA – Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumele menyampaikan, sampai dengan hari ini, total akumulatif pasien positif terinfeksi virus Corona sebanyak 107 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 29 orang dinyatakan sembuh dan diperbolekan pulang ke rumah masing-masing.

“jumlah pasien yang dinyatakan sembuh 29 orang, dan tidak ada kematian pasien covid-19 dalam satu pekan kemarin,” kata dr. Silwanus dalam keterangan persnya, Senin malam.

Dikatakannya, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 3.658 orang dan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 131 orang, sementara hasil tes PCR (Polymerase Chain Reaction) 467.

dr. Silwanus menjelaskan, hingga saat ini jumlah kasus positif Covid-19 telah menyebar di 9 daerah di Papua. Diantaranya, Kabupaten Mimika 31 kasus, 23 orang dalam perawatan, 5 orang sembuh dan 3 orang meninggal.

Kota Jayapura 30 kasus positif, 15 dalam perawatan, 12 sembuh dan 3 meninggal dunia, Kabupaten Jayapura 23 kasus, 16 orang dalam perawatan, 6 orang sembuh dan 1 meninggal.

Kabupaten Merauke ada 9 kasus positif, 5 orang dalam perawatan, 4 orang dinyatakan sembuh, Keerom 4 kasus dalam perawatan, Sarmi 4 kasus, 2 dalam perawatan dan 2 orang sembuh, Nabire 3 kasus, Jayawijaya 2 kasus, Mamberamo Tengah 1 kasus semuanya dalam perawatan di rumah sakit RSUD Wamena.

Jelaskannya, jumlah PDP Papua ada peningkatan sebanyak 30 orang, jika di tanggal 19 April lalu ada 101 orang, maka hari ini (Senin-red) jumlah PDP menjadi 131 orang.

PDP ini bertambah di Kabupaten Mimika sebanyak 19 orang, Kabupaten Jayapura 6 orang, kab. Jayawijaya 1 orang, Merauke 1 orang dan Kabupaten Pegunungan Bintang ada 3 orang.

Selain itu, katanya, pasien covid-19 yang sembuh tersebut dari kabupaten Meruke 4 orang, Kota Jayapura 12 orang, 5 orang dari kabupaten Mimika, 6 dari kabupaten Jayapura dan 2 dan Sarmi sebanyak 2 orang.

Kemudian, pasien yang sembuh dan dipulangkan hari ini, dimana di kota Jayapura sebanyak 7 orang, kabupaten Sarmi 2 orang, 1 orang di Kabupaten Mimika.

“Saya ingin sampaikan bahwa covid-19 dapat kami sembuhkan, terbukti 29 pasien sudah kita sembuhkan dengan pertolongan Tuhan, terima kasih banyak kepada semua tim medis yang sudah bekerja keras,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, dr Sumule juga mengimbau kepada masyarakat Papua untuk ikuti protokol kesehatan yang sudah disampaikan pemerintah, sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah virus corona.

“masyarakat untuk tetap tenang, kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Kita bekerja bersama-sama mencegah penyebaran virus ini,” imbaunya.

Artikel Terkait

Papua luncurkan RT/RW Tangguh COVID-19

Bams

Menkes : Papua Hebat, Mampu Tekan Angka Kematian Akibat Covid-19

Bams

Doni Monardo Bangga Dengan Klub Persipura

Bams

Pemprov Papua Kembali Perpanjang Masa Relaksasi Hingga 31 Juli

Tiara

Sempat Jadi Zona Hijau, Merauke dan Supiori Kini Jadi Zona Merah

Bams

Masih Ada Pedagang Yang Tidak Menggunakan Kartu Tanda Pengenal

Fani

Tiga Kabupaten di Papua “Zero” COVID-19

Bams

Pasien Sembuh Covid-19 di Papua Meningkat, Kasus Meninggal jadi 18 orang

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Kinerja Tim Covid-19

Bams