Pasific Pos.com
Headline Info Papua

Tutup Uji Kompentensi Wartawan, Wasekjen PWI Ingatkan Tanggungjawab Profesional

Nampak tim Penguji dan wartawan saat melakukan foto bersama usai penutupan UKW.

Jayapura – Wakil Sekjen Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Suprapto Satro Atmojo resmi menutup pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Kota Jayapura, Jumat (5/8/2022).

UKW yang berlangsung selama dua hari, 4 dan 5 Agustus 2022 di hotel Horizon Kota Jayapura tersebut digelar Dewan Pers. UKW ini difasilitasi oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Papua dan AJI Jayapura.

Dalam sambutannya Suprapto mengingatkan seluruh wartawan yang dinyatakan kompeten (lulus-Red) untuk tidak berpuas diri.

“Meskipun kemarin kita sudah mengikuti ujian sampai hari ini, ujian yang sesungguhnya itu bukan di kelas. Kepada teman-teman yang lulus, tentu saya mengucapkan selamat dan sekaligus juga mengingatkan bahwa ujian yang sesungguhnya ada di lapangan,” pesan Suprapto.

UKW yang berlangsung selama dua hari itu diikuti oleh 24 wartawan dari berbagai jenjang yang mana semuanya dinyatakan lulus kompetensi.

Menurut Suprapto, kelulusan ini bukan puncak dari sebuah prestasi teman-teman semua, tapi justru awal dari tanggungjawab profesional.

“Profesional maksud saya, karena teman-teman menekuni pekerjaan yang disebut profesi namanya wartawan. Jadi teman-teman harus benar-benar menjadi teladan, paling tidak bagi diri sendiri dan juga bagi teman-teman lain yang belum mengikuti uji kompetensi,” imbaunya.

Jangan sampai sudah dinyatakan kompeten, kemudian memegang kartu kompetensi wartawan tetapi saat dilapangan justru menjadi contoh yang nggak baik sehingga memunculkan presepsi yang tidak baik.

“Tapi saya yakin dan percaya, teman-teman di Papua adalah teman-teman yang baik dan wartawan yang professional yang akan membanggakan diri sendiri serta organisasi,” nilainya.

Suprapto menekankan, teman-teman harus mampu menjaga marwah wartawan, marwah profesi wartawan, martabat profesi wartawan dengan baik.

“Jadi sekali lagi, saya mengucapkan selamat dan mengingatkan kepada diri saya juga kepada teman-teman semua yang sudah dinyatakan kompeten, agar tetap terus belajar menunjukan sikap profesional dan juga tidak menyalahgunakan kartu kompetensi yang nanti teman-teman dapatkan,”

“Dan kepada Dewan Pers, kami mengucapkan terima kasih serta berharap mudah-mudahan pada tahun-tahun mendatang tetap ada uji kompetensi wartawan yang difasilitasi oleh Dewan Pers,” harap Suprapto menutup sambutannya.

Sementara itu, Ketua PWI Papua Hans Alvaro Bisay mengatakan animo wartawan di Papua begitu besar untuk UKW, sehingga pada akhirahun ini akan digelar lagi hal yang sama.

“Harapannya semua wartawan di Papua bisa ikuti UKW. Dan PWI sebagai salah satu organisasi pers akan memperhatikan itu,” katanya.

Hans menambahkan, dari 24 peserta PWI Papua yang terdiri dari tingkat Muda, Madya semuanya dinyatakan kompeten.

Namun, Hans mengingatkan teman-teman wartawan untuk terus belajar. “Bagi yang lulus selamat, peserta yang lulus untuk tidak berpuas hati dan harus meningkatkan kompetensinya yang dimiliki,” ujarnya.

Diketahui, Sebanyak 45 wartawan yang berasal dari 4 Kabupaten/Kota di Papua mengikuti Ujian Kompentensi Wartawan ( UKW) yang di gelar Dewan Pers. Dari 45 peserta UKW tersebut 28 diantaranya berasal dari  Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI), 11 orang berasal dari Aliansi Jurnalis Idependen (AJI) dan 6 orang berasal dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia ( IJTI) Papua.

UKW kali ini sedikit berbeda dengan UKW sebelumnya, dimana tiga organisasi Pers yang ada di Papua menjalani UKW secara bersamaan di dalam satu ruangan. Peserta nya pun yang berasal dari empat kabupaten/kota, Yapen, Merauke, Kabupaten dan Kota Jayapura.