Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Bidang II Sosialisasi PON Bagi Pelaku Usaha

Wakil Ketua Umum (Waketum) II Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Pdt. Alberth Yoku, S.Th, didampingi Wakil Ketua (Waket) Bidang II Theophilus H. Tegay, S.Sos, MM, dan Koordinator Sub Bidang Pemasaran David A. Zakaria, S.PT, saat menabuh Tifa sebagai tanda dibukanya Sosialisasi Penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil di Kabupaten Jayapura, di Ballroom Lantai III Hotel HoreX, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (7/8/2021).

SENTANI – Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Bidang II yang membidangi pemasaran, SDM, teknologi informasi dan keamanan melakukan sosialisasi penyelenggaraan PON XX 2021 bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang ada di klaster Kabupaten Jayapura, Sabtu (7/8/2021) di Ballroom Lantai III Hotel HoreX, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Kali ini sosialisasi yang dilakukan oleh Bidang II Koordinator Sub Bidang Pemasaran ini dengan mengumpulkan para pelaku usaha mikro dan kecil untuk diberikan pemahaman terhadap penyelenggaraan PON XX 2021 pada bulan Oktober 2021 mendatang.

“Ya 35 hari menjelang tes iven 46 hari menjelang pembukaan PON XX, kami dari panitia Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura terus melakukan upaya-upaya sosialisasi dengan melibatkan stakeholder,” ucap Wakil Ketua Umum (Waketum) II Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Pdt. Alberth Yoku, S.Th, kepada wartawan usai membuka sosialisasi tersebut, Sabtu (7/8/2021) di Ballroom Lantai III Hotel HoreX, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Lanjut Alberth Yoku mengatakan, sosialisasi bagi pelaku usaha ini dengan memperhatikan empat (4) sukses PON XX, yakni sukses perencanaan, penyelenggaraan, administrasi dan ekonomi.

“Kegiatan yang dilakukan hari ini oleh Bidang II Koordinator Sub Bidang Pemasaran dengan mengumpulkan pelaku usaha kecil dan mikro, agar diberi pelatihan dan juga bimbingan teknis guna memanfaatkan peluang bisnis pada saat pelaksanaan PON sebagai bagian untuk mendapatkan income (pendapatan),” kata mantan Ketua Sinode GKI di Tanah Papua ini.

Panitia Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura melalui Bidang II Koordinator Sub Bidang Pemasaran akan menunjukkan empat zona yang didalamnya ada venue-venue PON.

Kemudian, para pelaku usaha mikro dan kecil yang mempunyai usaha-usaha atau produk yang akan dipasarkan di empat zona tersebut. Produk yang dipasarkan di sana adalah souvernir dan kuliner dengan lebih banyak melibatkan orang asli Papua (OAP). Sehingga dengan adanya PON di Kabupaten Jayapura, dapat memberi banyak income guna meningkatkan ekonomi bagi OAP.

“Mereka punya usaha-usaha yang ada ini, tapi kita akan menunjukkan kepada mereka peluang-peluang bisnis yang terbuka pada pelaksanaan PON nanti itu melalui empat (4) zona yaitu, zona Kampung Harapan, zona Stadion Barnabas Youwe, zona AURI dan zona Doyo Baru,” bebernya.

Dengan demikian, zona atau tempat-tempat ini kan ada venue-venue dan menjadi arena-arena pertandingan, ada penonton yang datang kesitu. “Sehingga tempat-tempat strategis inilah yang kami arahkan untuk menjadi sarana guna mereka dapat berjualan atau memasarkan produknya disitu,” ujar Alberth Yoku yang juga Ketua FKUB Kabupaten Jayapura.

Sementara itu, Koordinator Sub Bidang Pemasaran, David A. Zakaria, S.PT, mengatakan sosialisasi penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Kabupaten Jayapura bagi para pelaku usaha kecil dan mikro, untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan PON XX 2021 ini.

“Jadi ini sosialisasi kesiapan panitia Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, terkait venue-venue berbagai cabang olahraga dan semua stakeholder yang terlibat didalamnya secara khusus untuk para pelaku usaha. Kami memberikan sosialisasi agar bisa membuka pemahaman dan mindset para pelaku usaha ini, untuk bagaimana mereka bisa meraih peluang di dalam meningkatkan ekonomi mereka,” sebut David Zakaria yang juga Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura ini.

Ia juga menyebutkan, ada beberapa bidang usaha yang akan berperan seperti handicraft, souvernir, batik dan kuliner lokal. “Dengan menjual produk-produk unggulan daerah seperti souvernir, handicraft dan juga sektor kuliner khas Papua yang akan dijual dalam galeri-galeri khusus yang difasilitasi oleh Bidang Sosial Ekonomi Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura,” tukas David Zakaria

Acara sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) II Sub PB PON Klaster Kabupaten Jayapura Pdt. Alberth Yoku, S.Th, didampingi Wakil Ketua Bidang II Theophilus H. Tegay, S.Sos, MM, dan Koordinator Sub Bidang Pemasaran David A. Zakaria, S.PT, dan Ketua PHRI Kabupaten Jayapura yang juga Wakil Ketua Bidang III Sarana Penunjang Sub PB PON Klaster Kabupaten Jayapura Bambang Zulhadi, ST, serta para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Jayapura.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para pelaku usaha mendapat informasi langsung dari Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura untuk memanfaatkan peluang pada saat pelaksanaan PON XX Tahun 2021 yang rencananya akan dilaksanakan di bulan Oktober mendatang, dimana pembukaan dan penutupan event olahraga terakbar di Indonesia ini akan dilaksanakan di Kabupaten Jayapura, tepatnya di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua

Artikel Terkait

Dukung PON XX, Kodam Cenderawasih dan Perbakin Gelar Vaksinasi Gratis Selama Sebulan

Jems

Peringati Wolrd Cleanup Day dan Sambut PON, DKLH Papua Gerebek Sampah

Jems

Gubernur Enembe Tinjau Venue Rugby

Bams

PB PON Siapkan Stand Untuk Seniman Papua

Bams

Disorda Papua Verifikasi Peralatan Pertandingan PON Hibah Pemerintah di Merauke

Bams

Bidang TIK Sub PB PON Kabupaten Jayapura Input Data Personalia dan Pengurus Dalam Aplikasi SIM PON

Jems

Kadisorda Papua Menerima Hibah Peralatan Pertandingan Dari Kemenpora

Bams

Glorya Famiela Ralahalo: PB ESI Siap Selenggarakan Eksebisi Esports PON XX Papua

Jems

Sistem Kelistrikan PON XX di Merauke Siap 100 Persen

Bams