Pasific Pos.com
PON Papua 2021

Sepakbola PON XX Papua, Jawa Timur Lolos ke Semifinal

Nampak pertandingan antara Jawa Timur berhadapan dengan tim Jawa Barat di Stadion Barnabas Youwe, Minggu (10/10) sore.

SENTANI – Tim Jawa Timur lolos ke semifinal sepak bola PON XX Papua 2021 setelah mengalahkan tim sepak bola Jawa Barat dengan scor 2-0 pada pertandingan kedua babak enam besar sepak bola PON XX Papua 2021 di Stadion Barnabas Youwe, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (10/10) sore.

Kemenangan ini membuat tim besutan Rudy Welliam Keeltjes meraih hasil sempurna karena di pertandingan pertama babak enam besar PON XX Papua 2021 berhasil menang telak atas Kalimantan Timur dengan skor 5-1.

Tim Kota Pahlawan itu sudah ditunggu tim Aceh yang berada di posis runner up Grup D dengan raihan nilai 3 dari hasil kemenangan 2-1 melawan Sumatera Utara di pertandingan yang berlangsung Jumat 8 Oktober lalu.

Karena tim Aceh hanya sekali mengalami kekalahan ketika berjumpa tim tuan rumah Papua dengan skor tipis 0-1 di pertandingan perdana babak enam besar grup D, maka otomatis tim Aceh sebagai runner up grup D berhak mendampingi tim tuan rumah Papua sebagai pemuncak grup D yang berhasil mengalahkan tim sebutan Colly Misrun dengan skor 2-0.

Jalannya Pertandingan

Jual beli serangan sudah diperlihatkan kedua tim sejak awal babak pertama. Namun di babak pertama, kedua tim hanya mampu bermain imbang 0-0 hingga pluit dibunyikan.

tim Jawa Barat sebenarnya mampu unggul terlebih dahulu ketika wasit Abdullah memberikan hadiah penalti kepada tim besutan Mochamad Yudhiantara pada menit 42. namun kepiawaian penjaga gawang pengganti Jawa Timur Eko Saputro mampu menepis sepakan dari pemain Jawa Barat.

Akhirnya, tim sepak bola Jawa Timur berhasil memecah kebuntuan ketika babak kedua menit ke-50. Yakni, pemain sepak bola Jawa Timur Mohammad Krisna berhasil melepas sepakannya ke gawang Jawa Barat yang dijaga oleh Ade Candra Sena.

Tim sepak bola Jawa Timur dan Jawa Barat, masing-masing melakukan pergantian pemain pada awal babak kedua. Tim sepak bola Jawa Barat meningkatkan serangan demi mengejar ketertinggalan. Namun, serangan dari Pian Hardiansyah dan kawan-kawan dengan mudah dipatahkan oleh para pemain Jawa Timur.

Tertinggal satu gol, tim Bumi Pasundan meningkatkan intensitas serangan. Ardi Maulana dan kawan-kawan beberapa kali menusuk jantung pertahanan arek-arek Jawa Timur dan memberikan umpan matang ke temannya. Namun, kedisiplinan bek Jawa Timur yang dimotori oleh Dimas Sukarno Putra dan Mochamad Haykal Alhafiz membuat para pemain Jawa Barat kesulitan menembus.

Dimas Sukarno Putra dan kawan-kawan bermain dengan kepercayaan diri tinggi. Jawa Timur benar-benar tampil agresif dan percaya diri. Pasukan Rudy Welliam Keeltjes hampir membuat Jawa Barat frustasi karena berhasil meredam serangan Andri Febriansyah dan kawan-kawan.

Langkah Jawa Timur lolos ke semifinal semakin nyata ketika pemain pengganti Muhammad Faisol Yunus membawa Jawa Timur unggul 2-0 pada menit ke-83 sekaligus menjadi gol penutup dalam laga tersebut.

Pada laga semifinal sepak bola PON XX Papua 2021, tim tuan rumah Papua akan bersua dengan Runner up grup E Kalimantan Timur. Sedangkan, tim Aceh yang dilatih Fakhri Husaini akan berhadapan dengan juara grup E tim Jawa Timur.

Artikel Terkait

Pelayanan dan Kualitas Konsumsi dari PSU Dinilai Cukup Baik

Jems

Ketum PB Perbakin Kepada PB PON XX: Terima Kasih Sudah Sukseskan Acara ini

Jems

Atlet Menembak Papua Diharapkan Bisa Melebihi Target Medali  Emas yang Ditetapkan

Jems

Hujan Lebat dari Malam Hingga Pagi, Jhon Banua: Final Menembak Outdoor Diundur Beberapa Jam

Jems

Pangansari Utama Rekrut 500 Tenaker Lokal Untuk Distribusi Konsumsi PON

Jems

Fatur Gustafian dan Ipung Saeful Sumbang Dua Medali Emas Untuk Jawa Barat

Jems

Gisella Lasut dan Fransisca Siagian Sumbang Medali Perak dan Perunggu untuk Sulut

Jems

Jokowi: PON XX Papua Panggung Persaudaraan, Keadilan dan Kesejahteraan Dalam Bingkai NKRI

Jems

Sukseskan PON, Tokoh Agama Minta Warga Timika Jaga Kamtibmas

Jems