Pasific Pos.com
Headline Kriminal

Proses Evakuasi Karyawan PTT Berlangsung Lancar

Mimika ~ Proses evakuasi Karyawan PT. Palapa Timur Telematika (PTT) yang merupakan korban dari kebiadaban gerombolan Kelompok Separatis Teroris (KST) pada hari Rabu silam (2/3/2022) di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kab. Puncak, hari ini Sabtu (5/3) dapat dievakuasi ke Timika dalam keadaan lancar dan aman.

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga, S.H., M.H. dalam keterangannya, Sabtu (5/3/2022).

Kapendam XVII/Cenderawasih menjelaskan proses evakuasi dilaksanakan pada hari Sabtu (5/3) pukul 07.30 Wit bertempat di Denpenerbad Timika, Kampung Landu Mekar, Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika telah dilaksanakan proses evakuasi korban yang selamat, atas nama NS

“Saat dievakuasi NS dalam kondisi stabil. Yang Bersangkutan merupakan karyawan PT. PTT dengan Jabatan Department of FOP Palapa Timur Telematika (PTT). Kita bersyukur korban dapat selamat atas aksi penyerangan dan pembakaran oleh KSTP Puncak pada hari Rabu (2/3) sekitar pukul 03.00 Wit di Site Repeater B3 Palapa Timur Telematika (PTT) di Distrik Beoga, Kab. Puncak oleh KST,” jelas Kapendam XVII/Cenderawasih.

“Proses evakuasi dilakukan oleh Aparat TNI Polri beserta pihak terkait dan PT. PTT. menggunakan pesawat Helicopter Komala Indonesia dan Helikopter Penerbad Bell-412,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kapendam mengatakan proses evakuasi diawali proses pengecekan pada pagi hari pkl. 07.30 Wit bersama pihak PT. PTT. Kemudian pada pkl. 09.30 Wit Helikopter Penerbad Bell-412EP/HA-5177 take off menuju Site Repeater B3 Palapa Timur Telematika (PTT) Beoga, Kab. Puncak dalam rangka aircover membantu evakuasi karyawan Palapa Timur Telematika (PTT) diikuti Helikopter Komala Indonesia, AS 350 B3E/PK-KIE.

“Sekitar pkl.10.50 Wit Helikopter Komala Indonesia, AS 350 B3E/PK-KIE landing di Denpenerbad Timika dari Site Repeater B3 Palapa Timur Telematika (PTT) Beoga, Kab. Puncak dengan membawa karyawan selamat atas nama NS,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih.

“Kemudian NS dibawa menuju ambulance Dokkes Polres Mimika untuk dibawa menuju Mapolres Mimika Mile 32 guna mendapat penanganan medis lebih lanjut dan proses permintaan keterangan terhadap korban yang selamat,” tambah Kapendam.

Proses evakuasi korban yang meninggal dunia akan dilaksanakan pada hari Minggu (6/2). Adapun identitas karyawan PTT indikasi meninggal dunia yaitu RTT, BG, BS, BT, S, ES, I, J.

“Mohon doanya dari kita semua, semoga proses evakuasi dari korban kekejaman KST dapat berlangsung aman dan lancar,” tutup Kapendam XVII/Cenderawasih.