Pasific Pos.com
PON Papua 2021

Peralatan Penunjang Cabor Biliar Sudah Siap

Bidang Peralatan PB PON Papua ketika melakukan pemeriksaan barang pendukung pertandingan PON cabor Biliar di Mimika, Sabtu malam.

Mimika – Menjelang pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, peralatan penunjang untuk cabang olahraga biliar sudah siap.

Dimana, peralatan penunjang tersebut sudah tiba di Mimika dan telah diperikan oleh tim Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP) PB PON Papua, Sabtu (19/9/2021).

“Beberapa kebutuhan pendukung pertandingan untuk cabor biliar sudah tiba di Mimika, tinggal pemasangan di arena pertandingan,” kata Sub Koordinator Mobilisasi dan Distribusi Peralatan PB PON Papua, Gustaf Puy.

Gustap mengatakan, di arena cabor biliar akan terpasang kamera untuk live Live Streaming, papan waktu dan skor dan lainnya.

“Ada 30 item barang kebutuhan pendukung pertandingan yang didatangkan dari dalam dan luar negeri, semua barang sudah kita lakukan pemeriksaan di venue,” ujarnya.

Venue cabang olahraga biliar PON XX Papua ini berada di SP 5 Kabupaten Mimika, diklaim sebagai venue terbaik di Indonesia juga menjadi venue biliar yang dimainkan digedungnya sendiri atau permanen di Indonesia.

Venue ini mulai dikerjakan sejak tahun 2019 lalu dengan menelan anggaran senilai Rp32 miliar bersumber dari APBD Kabupaten Mimika dan dikerjakan oleh kontraktor asal Surabaya, PT Panca Duta.

Venue ini dibangun seluas lahan 1 hektare dengan luas bangunan dan kawasan parkiran seluas 2.000 meter persegi.

Fasilitas yang tersedia di venue biliar ini sudah sangat memenuhi standar Internasional, dimana untuk ruangan field of play-nya bisa memuat 16 meja biliar. Kapasitas penontonnya menampung 450 penonton, sementara pencahayaan di seluruh ruangannya total berkapasitas 9.000 watt, sedangkan parkiran bisa menampung 180 mobil.

Venue cabor biliar ini dipastikan peralatannya sudah terpasang dan mejanya berkelas dunia.

Sekretaris Biliar PON Papua Agus Fakaubun mengatakan ada tiga jenis meja berkualitas dunia masing-masing untuk nomor pertandingan yang berbeda, yakni meja Pool Wiraka Dynasty untuk nomor 2 Pool yang secara resmi (official table) digunakan pada kejuaraan dunia, nomor (9) Nine-Ball yang pernah beberapa kali dilaksanakan di Qatar.

Kemudian, meja snooker Wiraka M.1 untuk nomor 2 Snooker dan English Billiard, dimana meja ini adalah meja resmi kejuaraan Asia ACBS (Asian Confederation of Billiard Sports) dan official table IBSF (International Billiards & Snooker Federation).

Dan Meja ketiga adalah meja carom Hollywood Pro Am – V meja buatan Korea Selatan. Salah satu meja carom terbaik di Asia. Venue biliar di Kabupaten Mimika akan mempertandingkan 20 nomor (16 nomor putra dan 4 putri) pada iven PON XX Papua.

Artikel Terkait

Lampaui Target Medali Emas, Sekum KONI Papua Ungkap Rahasianya

Bams

PB PON Ucapkan Terima Kasih kepada Presiden Joko Widodo

Bams

Peraih Medali SEA Games Berpapasan di Final Biliar 9 Ball Double Putri Papua Kontra DKI

Bams

Kalahkan Peraih Emas PON XVIII dan SEA Games, Papua Melenggang ke Final

Bams

Pebiliar Papua Yemi Nicolas ke Semifinal Carom Cadre Single PON XX

Bams

James Lengkang Pebiliar Papua Kembali Berjaya di Kelas Cadre Carom

Bams

Kalsel Taklukkan Tuan Rumah Papua, Nomor Six Reds Snooker 4-2

Bams

Pendatang Baru Biliar Papua Kalahkan Peraih Medali Emas di PON Jabar

Bams

Biliar Kembali Sumbang Emas Untuk Papua

Bams