Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, BPS Jayapura Gelar Rakordis

Sensus Penduduk 2020 BPS jayapura Gelar Rakordis
Suasana Rakor Distrik Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (3/3) siang.

SENTANI – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura menyelenggarakan Rapat Koordinasi Distrik (Rakordis) dalam rangka menyukseskan Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 secara online untuk Empat Distrik. Yakni, Distrik Sentani, Distrik Sentani Timur, Distrik Sentani Barat dan Distrik Waibhu, yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (3/3) siang.

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BPS Kabupaten Jayapura, Jeffrey De Fretes, S.Kom, M.M, mengundang Kelurahan/Kampung serta Ketua RT/RW se-Distrik Sentani.

Kepala BPS Kabupaten Jayapura, Jeffrey De Fretes, S.Kom, M.M, menjelaskan, pelaksanaan rapat koordinasi untuk Distrik Sentani dilakukan pertama, karena Distrik Sentani merupakan wilayah paling padat penduduk dan paling luas di Kabupaten Jayapura. Diyakini pihak BPS akan mengalami kesulitan apabila penduduk Sentani banyak yang belum lakukan sensus penduduk tahun 2020 secara online.

“Jadi kami minta kepada ketua RT dan ketua RW untuk mensosialisasikan ini kepada seluruh masyarakat di Kelurahan/Kampung dan RT/RW masing-masing, agar mereka secara mandiri bisa lakukan sensus penduduk online,” ujarnya.

“Sebab kita tahu bahwa masyarakat sekarang ini banyak yang tidak mau diganggu, karena mereka bekerja dari pagi dan pulang malam sehingga dengan sensus online masyarakat secara mandiri bisa lakukan sendiri mengisi data di situs daring atau online,” lanjutnya.

Untuk itu, Jeffrey berharap, setelah kegiatan rapat koordinasi atau rakor para Ketua RT/RW bisa membantu pihaknya menyampaikan informasi kepada masyarakatnya. Minimal memasuki bulan Juli masyarakat Sentani yang belum melakukan sensus online bisa ikut sensus penduduk door to door, mengingat sampai saat ini penduduk di Sentani masih banyak yang belum terdata secara online.

“Jadi nanti di bulan April petugas tidak sulit saat lakukan sensus penduduk secara door to door datang ke rumah warga, dan mereka telah berikan jadwal ke BPS nanti hari Jumat tanggal 6 Maret, kami petugas BPS akan ada di kelurahan untuk turun langsung lakukan sosialisasi di kelurahan atau kampung masing-masing di Distrik Sentani,”ungkap Jeffrey.

Dia menambahkan, meski secara masif sosialisasi tentang sensus online telah dilakukan dengan berbagai macam cara, namun BPS secara proaktif tetap akan terjun langsung ke lapangan untuk kembali mengingatkan dan memastikan sensus online berjalan sesuai harapan.

“Supaya bisa menggapai massa yang banyak untuk sensus online ini, kalau sensus online di Sentani Kota sudah mencapai seribuan dan ini masih kurang, maka itu kita berharap masyarakat di Sentani Kota semua bisa terdata dengan sensus online,” tukasnya.

Rapat Koordinasi Distrik ini akan dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 3 hingga 4 Maret. Sedangkan, untuk Distrik Sentani Barat, Distrik Sentani Timur, dan Distrik Waibhu akan dilaksanakan pada hari Rabu (4/3) ini, dengan fokus kegiatan sensus penduduk di bulan April untuk sensus door to door.

Artikel Terkait

BPS : Penduduk di Papua Lebih Banyak Bekerja di Sektor Informal

Zulkifli

Pengangguran Terbuka di Papua Didominasi Lulusan Diploma

Zulkifli

Sektor Pertanian Sumber Utama Mata Pencaharian Penduduk di Papua

Zulkifli

Akibat Wabah Corona, Perekonomian Papua Triwulan I Minus 6,77 Persen

Zulkifli

Papua Alami Deflasi, Ini Faktor Penyebabnya

Zulkifli

Februari lalu, Ekspor Papua Hanya Nonmigas

Zulkifli

Nilai Impor Papua Meningkat pada Februari lalu

Zulkifli

Tiga Daerah Ini Penghasil Padi Terbesar di Papua

Zulkifli

Embarkasi dan Debarkasi Melalui Dua Pelabuhan di Papua Meningkat

Zulkifli