Pasific Pos.com
Olahraga

Panitia Inventarisasi Akomodasi Sesuai Standar Atlet PON

Semuel Siriwa

JAYAPURA – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua telah melakukan kerjasama dengan pemilik hotel yang nantinya untuk menampung para kontingen PON yang rencananya digelar pada 2-13 Oktober mendatang.

Untuk memastikan ketersediaan akomodasi, panitia melalui Bidang Akomodasi menggelar rapat koordinasi yang dimpin langsung oleh Koordinator Akomodasi Samuel Siriwa, Selasa (05/01/2021).

Menurut dia, PB PON melalui bidang akomodasi yang di-back up oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) telah menginventarisasi hotel yang sesuai dengan standar akomodasi atlet.

Selain hotel, panitia juga menginventarisasi akomodasi yang tersedia milik pemerintah, yayasan dan swasta.

“Setelah kita inventarisasi jumah peserta dan akomodasi yang tersedia masih juga ada kekurangan. Solusinya kita lakukan MoU kerjasama dengan yayasan dan swasta di semua kluster PON XX,” kata Samuel Siriwa, disela-sela rapat internal bidang akomodasi.

Kendati masih adanya kekurangan, pihaknya telah melakukan perhitungan terhadap semua akomodasi yang akan digunakan dengan diperlukan rehabilitasi. Dimana dalam pelaksaan rehab sudah dilakukan perencanaan dibulan September lalu.

“Perhitungan ini terhadap keberdaaan akomodasi sendiri. Contoh akomodasi milik Polri di SPN itu belum layak, sehingga harus adanya perbaikan dan rehab maupun akomodasi lainnya, bahkan tidak menutup kemungkinan rumah warga pun akan didaftarkan,” jelasnya.

Selain itu ditargetkan awal bulan Februari akan dilakukan tender fisik terhadap rehabilitasi semua akomodasi di empat kluster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

“Selain koordinasi internal bidang, kami juga menyusun langkah-langkah percepatan akomodasi, termasuk lelang perlengkapan bangunan yang akan direhab maupun persiapan untuk CdM Meeting dibulan Februari ini,” tuturnya.

Dirinya juga mengharapkan kerjasama dukungan semua stackholder agar akomodasi bisa disiapkan untuk peserta dan non peserta PON XX Papua. “Sebagai tuan rumah, kita harus bersama-sama sukseskan ini semua, agar yang datang ikut PON harus pulang dengan baik. PON Papua harus sukses,” pungkasnya.

Pelaksanaan PON 2021 di Papua akan diselenggarakan di 4 kabupaten/kota, yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. Total akan ada 37 cabang olahraga (cabor) yang akan dilombakan selama pelaksanaan PON 2021.

Pembukaan PON XX direncanakan dilakukan pada 2 Oktober di Stadion Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura. Sedangkan penutupannya diagendakan pada 13 Oktober 2021.

Artikel Terkait

Tim Sepak Bola Putri Papua Try Out ke Makassar

Bams

Workshop Jurnalis, Gaung Peparnas Harus Sampai ke Seantero Indonesia

Bams

PON XX, Peralatan Biliar Dikirim ke Mimika

Bams

Ini kata Tokoh Adat Kabupaten Jayapura Soal Otsus, DOB dan PON XX Tahun 2021

Jems

Atlet Papua Belum Bisa Latihan di Venue PON

Bams

Atlet Positif Covid-19, Koni Papua Berhati-Hati Kirim Atlet Try Out

Bams

Band Kotak dan Komunitas Kesenian Papua Meriahkan Gebyar PON

Bams

Anggaran PON XX Rp 94,8 Miliar Disalurkan ke Sub PB Klaster Kabupaten Jayapura

Jems

Tim Kemendagri cek kesiapan PON Papua

Bams