Pasific Pos.com
Headline Nasional

Mubes ke-VI GM Kosgoro Memilih Muhammad Fajri Noch sebagai Ketum

Muhammad Fajri Noch memegang bendera Pataka usai terpilih sebagai Ketua Umum DPP GM Kosgoro periode 2022-2027./Foto : Facebook Muhammad Fajri Noch

Jayapura – Musyawarah Besar ke-VI Generasi Muda Kosgoro memilih Muhammad Fajri Noch sebagai Ketua Umum DPP GM Kosgoro periode 2022-2027 yang berlangsung di Suni Hotel and Convention Abepura, Kota Jayapura, Papua, Selasa (8/3/2022). Muhammad Fajri Noch terpilih secara aklamasi menggantikan Baroto Ario Isman.

Usai terpilih, berbagai program kerja telah disiapkan sesuai dengan Pedoman Perjuangan dan Tri Darma Kosgoro serta empat acuan yang menjadi misinya.

Fajri mengatakan, empat parameter atau acuan yaitu tahun pertama akan bekerja untuk meningkatkan fungsi kaderisasi dan konsolidasi organisasi.

‘’Tahun pertama saya akan melakukan konsolidasi di daerah untuk membentuk DPD GM Kosgoro menjadi 34 DPD yang sebelumnya telah terbentuk 25 DPD dibawah kepemimpinan ketua umum lama,’’ ujar Fajri, Rabu (9/3/2022) malam.

Tahun kedua, lanjut Fajri, mempersiapkan kader-kader yang unggul dan handal di setiap DPD di Indonesia baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi.

‘’Harapan saya tahun ketiga, program akan berjalan menuju suksesnya periodesasi saya sampai 2027. Untuk itu, saya berharap mendapat restu dari DPD se Indonesia, juga restu dari Pimpinan Pusat Kolektif Kosgoro dan mantan ketua umum untuk terus bersama memberikan masukan dan pikiran konstruktif guna mengembangkan organisasi ini kedepan,’’ ucapnya.

‘’Dan bersama pemerintah pusat membangun sinergi, meningkatkan sumber daya manusia, dan meningkatkan infrastruktur dan memberikan masukan kepada pemerintah agar memperhatikan infrastruktur pendidikan di daerah,’’ sambung Fajri.
Meski telah memiliki visi dan misi lima tahun kedepan, namun program kerja dari pengurus sebelumnya akan dilanjutkan, diantaranya memperhatikan beberapa hal strategis peningkatan ekonomi kerakyatan berbasis digital, peningkatan kaderisasi di nasional dan daerah serta beberapa hal terkait kesehatan.

‘’Konektivitas membangun jaringan kesehatan masyarakat. Pada intinya program pemerintah di bidang sosial turut melibatkan GM Kosgoro,’’ kata Fajri.

Sementara itu, beberapa program secara umum dan rekomendasi dari komisi DPD GM Kosgoro se Indonesia turut mengisi perencanaan program Fajri Noch lima tahun kedepan.

Namun, menurutnya program umum dan rekomendasi tersebut perlu tim perumus untuk menyiapkan kerangka organisasi secara parameter, terlebih masa jabatan periode saat ini bertambah setahun dari sebelumnya hanya empat tahun menjadi lima tahun.

Ketua Umum DPP GM Kosgoro periode 2016-2020, Baroto Ario Isman berharap, pengurus yang baru dibawah kepemimpinan Fajri Noch dapat melanjutkan program sebelumnya dan juga menjalankan program baru.

‘’Kami hanya meletakan dasar. Saya persilahkan sepenuhnya ketua umum terpilih membentuk kepengurusannya, dan memilih orang-orang yang memiliki kemampuan sehingga lebih baik dari pengurus sebelumnya,’’ kata Baroto.

Dia berpesan bahwa Kosgoro merupakan organisasi yang telah berusia lebih dari setengah abad yang memiliki Pedoman Perjuangan dan Tri Darma sehingga harus tetap berpegang pada pedoman tersebut. (Zulkifli)