Pasific Pos.com
Headline

Musibah Banjir dan Longsor di Ubahak Yahukimo, Puluhan Warga Terpaksa Kehilangan Rumah

Warga dari Kampung Ubahak dan Suhuntek, Distrik Ubahak, Kabupaten Yahukimo menyampaikan adanya longsor di dua kampung itu kepada Anggota DPR Papua, Natan Pahabol, Rabu, 15 Mei 2024. (Foto Tiara).

Jayapura – Akibat hujan deras mengguyur Kampung Ubahak dan Suhuntek, Distrik Ubahak, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Tengah pada 4 Mei 2024, sekitar pukul 23.15 WIT, hingga mengakibatkan musibah tanah longsor.

Dampak dari musibah itu, membuat puluhan warga setempat kehilangan tempat tinggal karena diterjang banjir dan tanah longsor. Sehingga warga terpaksa mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Untuk itu, salah satu warga yang bernama Sartiel Sama yang menjadi korban dari musibah itu berupaya ke Jayapura untuk mendatangi Anggota DPR Papua, Natan Pahabol dari daerah pemilihan (dapil) Yahukimo, guna menyampaikan kejadian tersebut.

Pasalnya, mereka kesulitan akses dan mahalnya biaya transportasi pesawat untuk melaporkan ke Pemkab Yahukimo. Sehigga , mereka memilih ke Wamena, agar bisa turun ke Jayapura.

Sartiel Sama yang juga sebagai Kepala Kampung Ubahak mengungkapkan jika memang kejadian longsor yang mengakibatkan belasan warga mengungsi itu, terjadi 4 Mei 2024, setelah sebelumnya terjadi hujan deras.

Bahkan, Sartiel Sama terpaksa harus kehilangan 4 rumah beserta isinya. Selai itu, hewan ternak babi dan 2 kolam ikan akibat tertimbun longsor. “Banyak rumah warga yang terkena longsor. Tapi bersyukur, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini,” tuturnya.

Selain 4 rumahnya yang rusak parah, lanjut Sartiel Sama, juga ada belasan warga yang terpaksa mengungsi ke tempat yang aman. “Tak hanya itu, banyak kebun warga juga yang rusak akibat diterjang longsor ini,” ungkapnya.

Alasan Sartiel Sama belum melaporkan kejadian itu ke Pemkab Yahukimo, lantaran mahalnya transportasi ke Dekai, sehingga ia memilih turun ke Jayapura dan bertemu langsung anggota DPR Papua untuk dapat membantu musibah yang dialami belasan warga itu.

“Kami berharap Pemprov Papua Pegunungan dan Pemkab Yahukimo untuk dapat membantu kami bahan makanan (bama) dan bahan bangunan seperti seng, paku, mesin pemotong kayu, peralatan dapur, pakaian dan lain lainnya,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Anggota DPR Papua, Natan Pahabol mengakui telah menerima aspirasi warga Kampung Ubahak dan Suhuntek atas terjadinya musibah longsor.

Untuk itu, Natan yang merupakan anggota DPR Papua dari Kabupaten Yahukimo ini, meminta kepada Pemprov Papua Tengah dan Pemkab Yahukimo untuk segera turun memberikan perhatian serius terhadap warga yang terdampak musibah longsor ini.

“Kami merasa prehatin dengan kondisi ini. Tapi ini musibah alam, tidak bisa kita menyalahkan orang. Untuk itu, kami meminta kepada Pemprov Papua Pegunungan dalam hal ini bapak Pj Gubernur Velix Wanggai dan dinas terkait serta Pemkab Yahukimo agar dapat memberikan perhatian serius, terutama bantuan darurat berupa bahan makanan dan bahan bangunan bagi bagi para korban itu,” tutup Natan Pahabol. (Tiara).