Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Masih Perbup, Pemkab Jayapura Secepatnya Siapkan Perda Menara

Suasana pertemuan antara Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dengan pihak Telkomsel di VIP Kantor Bupati, Gunung Merah Sentani, Selasa (11/1/2022) siang.

SENTANI- Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura akan secepatnya  menyiapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang retribusi menara.

Hal itu disampaikan Gustaf Griapon usai mengikuti pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Jayapura dengan pihak Telkomsel di VIP Kantor Bupati, Gunung Merah Sentani, Selasa (11/1/2022) siang, yang dipimpin langsung Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

Dalam pertemuan itu, diketahui belum ada Perda retribusi menara yang bisa menambah PAD bagi Kabupaten Jayapura sehingga terjadi kesepakatan antara pemerintah Kabupaten Jayapura dan pihak Telkomsel untuk dibuatkan sebuah Perda retribusi tentang menara.

“Nantinya Peraturan Daerah(Perda) Retribusi Menara ini akan berlaku untuk semua menara baik Telkomsel, Indosat, XL dan lainnya yang dibangun diwilayah Kabupaten Jayapura,”bebernya.

Kata gustaf, tujuan dari Perda menara ini untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jayapura

Gustaf menuturkan, selama ini retribusi menara belum bisa dilakukan sebab masih Peraturan Bupati(Perbup). Ia menjelaskan, retribusi bisa dilakukan setelah nanti ada Perda retribusi menara.

“Oleh karena itu, kedepannya kita akan adopsi dari beberapa Kabupaten/Kota yang sudah memiliki perda Retribusi menara seperti di Kota Jayapura, dan Merauke,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Manager Infrastruktur Managemen Telkomsel Regional Maluku- Papua dan Papua Barat, R. James  Tail mengatakan pihaknya mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam membuat Perda retribusi menara

“Tentunya kami dari pihak Telkomsel, mendukung penuh rencana tersebut. Apabila nanti ada tagihan, kami patut terhadap aturan itu,”ujarnya.

James menegaskan, kedepan sebagai langkah awal pihaknya bersama Kominfo dan Bappenda akan bersama-sama menentukan tarif retribusi menara.

“Agar sesuai dengan apa yang kita semua inginkan sehingga bisa menjadi pendapatan asli daerah bagi Kabupaten Jayapura,”tukas James.

 

Artikel Terkait

Subhan: Realisasi Penyerapan Anggaran Baru Mencapai 66,8 Persen

Jems

Berlangsung Sederhana, MARIO Rayakan Empat Tahun Kepemimpinan

Jems

HUT DWP ke 22, DWP Kabupaten Jayapura Gelar Puncak Peringatan

Jems

Pemkab Jayapura Bantu Angkutan Pedesaan untuk Menunjang Tranportasi Masyarakat Airu

Jems

Bupati Mathius Serahkan Bantuan 15 Unit Rumah Bagi ASN Kepada Pemerintah Distrik Airu

Jems

Ini yang Dilakukan Bupati Mathius Ketika Melakukan Kunker di Distrik Airu

Jems

15 Unit Rumah di Bangun Pemkab Jayapura Bagi ASN Distrik Airu

Jems

11 Atlet dan 1 Pelatih Berprestasi Terima Penghargaan dari Bupati Jayapura

Jems

Pemkab Jayapura Hadiahi Rumah Bagi Atlet Berprestasi

Bams