Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Bupati Mathius Serahkan Bantuan 15 Unit Rumah Bagi ASN Kepada Pemerintah Distrik Airu

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, didampingi Kepala DP2KP Kabupaten Jayapura Terry F. Ayomi, saat meninjau lokasi 15 unit rumah yang berada di belakang Kantor Distrik Airu, Senin (6/12/2021)

AIRU- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, dalam agenda kunjungan kerja (Kunker) ke Distrik Airu menyerahkan bantuan rumah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di wilayah distrik setempat.

Bantuan rumah bagi ASN yang dibangun oleh Dinas Pertanahan, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP) sebanyak 15 unit melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021 tersebut diserahkan kepada Pemerintah Distrik yang diterima langsung oleh Kepala Distrik Airu Jems Bano sebagai aset pemerintah distrik.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, kepada wartawan menerangkan penyerahan 15 unit rumah bantuan pemerintah Kabupaten Jayapura untuk ASN yang bertugas di Distrik Airu, sekaligus sebagai hadiah Natal kepada ASN yang bertugas di distrik yang terjauh di Kabupaten Jayapura.

“Untuk para petugas yang bekerja disini, staf distrik dan pegawai ini juga punya hadiah Natal juga. Ada 15 unit rumah permanen type 36 yang diserahkan kepada pemerintah distrik yang diterima langsung oleh Kepala Distrik sebagai aset pemerintah distrik,” ujar Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, usai menyerahkan dan meninjau langsung 15 unit rumah bantuan Pemkab Jayapura, yang berada di belakang Kantor Distrik Airu, Senin (6/12/2021).

Bupati Mathius berharap, dengan penyerahan bantuan perumahan ini, bisa membuat para ASN menjadi betah untuk tinggal dan menciptakan suasana pelayanan kepada masyarakat yang semakin hidup di Distrik Airu.

“Itu yang selama ini menjadi alasan orang tidak betah tinggal disini. Mudah-mudahan sudah tidak ada alasan lagi dengan adanya fasilitas perumahan ini,” harap Bupati Jayapura dua periode ini.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanahan, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP) Kabupaten Jayapura, Terry F. Ayomi berharap bantuan 15 unit rumah yang telah diserahkan ini dapat dirawat dan digunakan dengan baik.

”Ini setelah serah terimanya ke (pemerintah) Distrik, dan ini menjadi aset distrik. Sehingga maintenance dan perbaikan yang lain di dalam (perumahan) ini akan ditanggung oleh distrik,” ujar Kepala DP2KP Kabupaten Jayapura, Terry F. Ayomi, usai menemani Bupati Jayapura meninjau lokasi perumahan tersebut.

Setelah penyerahan ini, lanjut Terry Ayomi, tanggung jawab sepenuhnya juga berada dibawah pemerintah distrik, sehingga selanjutnya pihaknya akan membangun perumahan di distrik lainnya.

“Kita berharap ada kerjasama dengan Pemerintah Distrik untuk kesiapan lahannya dan jika nanti dari pihak distrik sudah menyiapkan lahannya. Maka, kami akan membantu untuk mengusulkan ke Kementerian,” kata Terry.

Senada dengan hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Tata Bangunan dan Perumahan pada DP2KP Kabupaten Jayapura, Willem Tanamor menjelaskan, pembangunan 15 unit rumah ini memang khusus bagi ASN yang diperuntukkan bagi tenaga ASN, tenaga medis dan tenaga guru yang bertugas di Distrik Airu. Dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2021.

“Dan ini tahun kedua yang di bangun di Distrik Airu berjumlah 15 unit, dengan jumlah anggaran sebesar 4 miliar lebih, dan tahun pertama di tahun 2020 kami juga sudah bangun di Distrik Kemtuk sebanyak 12 unit, sedangkan rencana ke depan di tahun 2022 akan dibangun di Distrik Unurum Guay dengan jumlah 15 unit,” kata Willem disaat mendampingi Kepala DP2KP dan Bupati Jayapura ketika meninjau perumahan ASN Distrik Airu.

Lebih lanjut Willem menjelaskan, rumah-rumah ini memang diperuntukkan untuk ASN dan menjadi salah satu fasilitas penunjang untuk para pegawai yang ada di Distrik khususnya untuk distrik-distrik terluar dari kabupaten Jayapura.

“Itu yang kami rencanakan lebih awal dan masih ada 17 distrik yang belum memiliki rumah ASN. oleh sebab itu kami masih sangat membutuhkan pembangunan perumahan ASN ini supaya di 19 distrik ini bisa dipenuhi untuk kebutuhan rumah bagi pegawai yang ada di distrik-distrik,” pungkasnya.

Pembangunan perumahan ASN ini juga dilengkapi fasilitas atau sarana penunjang lainnya yaitu, sarana utilitas di perumahan seperti jalan lingkungan, drainase, penerangan dan sarana air bersih.

Selain penyerahan 15 unit rumah bantuan bagi ASN yang bertugas di Distrik Airu, Bupati Jayapura juga merayakan Natal Bersama masyarakat, TNI-Polri dan ASN Pemkab Jayapura, dirangkai dengan Penyerahan Dana ADK kepada 6 kampung, meresmikan penggunaan Gedung Puskesmas Airu yang baru, penyerahan Mobil Ambulans dan Speedboat Puskesmas Keliling, serta Mobil Double Cabin jenis Tryton untuk sarana tranportasi dari Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura

Artikel Terkait

Masih Perbup, Pemkab Jayapura Secepatnya Siapkan Perda Menara

Jems

Subhan: Realisasi Penyerapan Anggaran Baru Mencapai 66,8 Persen

Jems

Berlangsung Sederhana, MARIO Rayakan Empat Tahun Kepemimpinan

Jems

HUT DWP ke 22, DWP Kabupaten Jayapura Gelar Puncak Peringatan

Jems

Pemkab Jayapura Bantu Angkutan Pedesaan untuk Menunjang Tranportasi Masyarakat Airu

Jems

Ini yang Dilakukan Bupati Mathius Ketika Melakukan Kunker di Distrik Airu

Jems

15 Unit Rumah di Bangun Pemkab Jayapura Bagi ASN Distrik Airu

Jems

11 Atlet dan 1 Pelatih Berprestasi Terima Penghargaan dari Bupati Jayapura

Jems

Pemkab Jayapura Hadiahi Rumah Bagi Atlet Berprestasi

Bams