Pasific Pos.com
Lintas Daerah

100 Orang Dinyatakan Sembuh, Selama Pandemi Covid di Mimika

Kasus Covid di Mimika
Papan informasi perkembangan Covid-19 di Mimika (Foto: Istimewa)

Timika, Selasa (2/6) tercatat sebanyak 7 pasien Covid-19 dinyatakan sembuh usai menjalani perawatan di RS Tembagapura dan RSUD Mimika selama dua minggu lebih. Dengan demikian secara keseluruhan pasien yang dinyatakan sembuh berjumlah 100 orang. Hal tersebut diapresiasi oleh Juru Bicara TGTPP Covid-19 Kabupaten Mimika saat menggelar video Conference yang difasilitasi oleh Diskominfo Kabupaten Mimika, Selasa (2/6).

Ia juga berharap agar Kami, pasien yang masih dalam perawatan bisa segera sembuh, begitu juga untuk ODP, OTG, dan PDP.

“Kami juga masih tetap berharap semua pasien yang ditangani ini boleh dinyatakan sembuh dalam beberapa hari kedepan,” harapnya.

“Pada kesempatan yang baik ini kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim medis baik RS Tembagapura maupun RSUD Mimika. Karena pada hari ini sejumlah 7 pasien yang selama ini mengikuti perawatan di dua RS boleh dinyatakan sembuh, dan tidak ada laporan kasus kematian akibat Covid-19 dan ini juga tidak terlepas dari dukungan masyarakat Mimika yang senantiasa memberi dukungan moril spirit kepada tim medis,” kata Reynold.

Sementara itu terdapat penambahan 7 kasus baru yang terkonfirmasi melalui real time PCR di Klinik Kuala Kencana, yang mana 7 kasus tersebut diantaranya 6 kasus dari RS Tembagapura, dan 1 kasus lainnya dari RSUD Mimika. Sehingga secara keseluruhan kasus covid-19 di Mimika naik menjadi 279 kasus terkonfirmasi.

“Perkembangan Covid-19 di Mimika yang sudah dirilis oleh tim gugus tugas penanganan konflik 19 Provinsi Papua bahwa hari ini ada penambahan 7 kasus baru yang terkonfirmasi dengan Real Time PCR yaitu 6 dari rumah sakit Tembagapura dan 1 spesimen positif dari RSUD Mimika,” kata Jubir

Sementara itu, gambaran secara umum bagi ODP terdapat penambahan 20 ODP yang ditemukan di Puskesmas Bintuka, Klinik Tribrata Polres Mimika, hasil tracing kontak dari tim penyelidikan epidemologi, begitu juga dilaporkan bahwa sebanyak 41 orang selesai masa pemantauan, sehingga total keseluruhan ODP berjumlah 719 ODP.

Sama halnya dengan PDP, yang mana terdapat penambahan 37 orang yang telah dirawat di beberapa RS baik di Tembagapura maupun di Mimika

“Kami juga perlu sampaikan bahwa dihari ini dilaporkan 4 PDP dari RSMM 1 orang itu perubahan status dari ODP menjadi PDP, sementara secara khusus ODP dihari ini bertambah 20 ODP yaitu dari Puskesmas Bintuka 3 orang, hasil trecing kontak dari klinik Tribrata Polres Mimika sebanyak 10 orang dan juga hasil tracing kontak dari tim penyelidikan epidemologi dinkes yang menemukan 7 ODP, kita bersyukur juga bahwa dihari ini sebanyak 41 orang yang ditetapkan statusnya sebagai ODP dinyatakan sehat dan dinyatakan selesai masa pemantauan, sehingga total ODP dihari ini berjumlah 719 orang diantaranya 16 orang sedang menjalani isolasi di shelter ada 8 orang, kemudian sedeng dirawat di RSUD Mimika dan 2 orang ODP sedang dirawat tim medis di RSMM,” ungkapnya.

Tidak hanya ODP, saat ini terdapat 141 OTG yang dilaporkan masuk dalam pemantauan, sehingga total keseluruhan OTG berjumlah 739 orang, namun terdapat 32 OTG dinyatakan selesai dalam pemantauan berjumlah 618 orang, sedangkan jumlah ODP yang dinyatakan sehat berjumlah 385 setelah ada penambahan 344 OTG.

“Kami juga melaporkan ada penambahan 141 orang OTG, sehingga menambah jumlah sebanyak 739 OTG dihari ini. 141 OTG ini merupakan hasil trecing kontak dari tim penyelidikan epidemologi dinkes. Selain itu, hari ini sebanyak 32 OTG dinyatakan sembuh dan selesai masa pemantauan, maka dengan demikian secara keseluruhan jumlah OTG yang telah dinyatakan selesai masa pemantauan berjumpa 618 sedangkan khusus ODP dengan bertambahnya 41 yang dinyatakan sehat dan dinyatakan selesai masa pemantauan maka meningkat dari 344 menjadi 385 ODP yang dinyatakan sehat,” jelasnya. (Ricky)

Artikel Terkait

Wagub : Tak Taat Protokol Kesehatan, Calon Kepala Daerah Didiskualifikasi Saja

Bams

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans

Tindak Lanjuti Inpres No.6, Pemda Waropen Gelar Rapat Internal

Afrans

Alami Defisit, Proyek Besar di Papua Ditunda

Bams

Pemuda Papua Jadi Agen Perubahan Covid-19

Bams