Pasific Pos.com
Info Papua

PON XX, Lokasi Venue Rugby pindah ke Lahan TNI AU

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alex Kapisa

JAYAPURA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alex Kapisa mangatakan bahwa venue rugby yang sempat berpindah ke Lapangan Trikora Abepura, Kota Jayapura kini kembali dipindahkan ke Sentani Kabupaten Jayapura.

Dimana, venue rugby akan dibangun di lahan milik TNI AU bersebelahan dengan venue Softball dan Baseball. “Kami harus pindahkan venue rugby ke Sentani karena lapangan Trikora Abepura tidak memenuhi standar,’’ ungkap Alex kepada pers disela-sela peresmian Wisma atlet dan Kantor Koni Papua, Senin, 24 Agustus 2020.

Menurutnya, alasan kembalinya venue rugby ke Kabupaten Jayapura di lahan milik TNI AU, karena lahan yang diberikan oleh TNI AU luas dan bisa dibangun venue dengan memiliki standar Nasional bahkan Internasional.

“Lokasi venue rugby dulunya berada satu venue dengan cabor Criket di Doyo Baru, kemudian dipindahkan ke lapangan Trikora, tetapi lokasinya tidak memenuhi standar, sehingga kami sudah dapat lahan milik TNI AU, dan pembangunannya hanya butuh waktu lima bulan, kami optimis sebelum PON venuenya sudah rampung,’’ tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Harian PRUI Papua, George Deda bahwa impian Raugby Papua memiliki venue sendiri akhirnya dapat terwujud.

“Kenapa kita ingin rugby punya venue, ini kesempatan Papua sebagai tuan rumah PON, dan jika tersedia venue maka pengembangan olahraga rugby di bumi Cenderawasih kedepan semakin baik,’’ tegasnya.

Menurutnya, venue rugby sejak awal berpindah-pindah, mulai dari Stadion Barnabas Youwe ke Venue Kriket, kemudian pindah lagi ke Lapangan Trikora Abepura.

Namun, dengan keputusan pemerintah dan ketersediaan lahan oleh pihak TNI AU, maka rugby kini dapat memiliki venue sendiri.

“Terima kasih kepada bapak Gubernur Papua Lukas Enembe dan Kadisorda Papua serta Komandan Pangkalan TNI AU Silas Papare Jayapura, karena bisa membangun venue rugy yang representatif,” tuturnya.

Artikel Terkait

Venue Voli Pantai PON Pakai Pasir Lokal

Bams

Venue Bola Voli PON XX Diusulkan Masuk Rekor Muri

Bams

PON XX, Venue Voli Sudah 99, 5 Persen

Bams

Disorda Papua Survei Venue Paralayang PON 2021

Bams

Penyelesaian Dua Venue Jadi Fokus Utama

Arafura News

Venue Futsal PON XX Perlu Pembenahan

Bams

Venue Sepatu Roda PON XX Capai 25 Persen

Bams

Fasilitas Istora Papua Bangkit Didatangkan Dari Luar Negeri

Bams

Venue Lapangan Tenis PON Papua dengan Pemandangan Terbaik di Indonesia

Bams