Pasific Pos.com
Headline

Persiapan PON XX, Satu Venue Digeser

Persiapan PON XX

JAYAPURA – Pengurus Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional XX/2021 Papua akan melakukan pergeseran satu venue cabang olahraga (Cabor).

Plt Koordinator Bidang Arena PB PON Papua, Carol Renwarin mengatakan, venue cabang olahraga yang kemungkinan mengalami pergeseran adalah cabor Rugby.

Ia mengatakan, cabor Rugby berada satu venue dengan cabor Criket di Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura. Namun, ada kemungkinan dipindahkan, tapi masih dalam tahap koordinasi antara pengurus cabang olahraga, PB PON dan Dinas Olahraga dan Pemuda Papua.

“Kami kemarin sudah survei ke lapangan latihan Stadion Papua Bangkit, tetapi tidak bisa dipakai, dalam melakukan survei itu, PB PON didampingi langsung oleh Pengurus Rugby Seluruh Indonesia dan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua,” kata Carol Renwarin kepada wartawan, Senin kemarin.

Carol mengatakan, Pengurus Provinsi Persatuan Rugby Seluruh Indonesia (Pengprov PRUI) Papua mengusulkan agar venue Rugby menggunakan lapangan sepak bola Trikora Abepura, Kota Jayapura.

Hanya saja, usulan tersebut perlu dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Jayapura selaku pemilik lapangan tersebut. Jadi, nanti Kadisorda Papua berkoordinasi dengan Pemkot Jayapura, karena lapangan tersebut tahun lalu dijadikan sebagai venue kejurda Rugby di Papua, dari sisi luas dan lebar lapangan sepertinya sudah memenuhi standar,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Harian PRUI Papua, George Deda bahwa Raugby Papua mengharapkan memiliki venue sendiri. Alasanya, inilah kesempatan Papua sebagai tuan rumah PON, dan jika tersedia venue maka pengembangan olahraga ini kedepan semakin baik.

“Kita sebenarnya menginginkan di Mimika dan sudah mendapat dukungan dari bapak Bupati, namun untuk merubah lokasi tempat pertandingan sepertinya prosesnya sangat rumit karena telah ditetapkan oleh KONI Pusat,” tuturnya.

Oleh karena itu, setelah melakukan survei bersama PB PON dan Kadisorda Papua, maka pilihan jatuh di lapangan Trikora Abepura. Selain lokasi yang strategis, kata Deda, Walikota Jayapura ketika itu (kejurda Rugby) sampaikan bagaimana kedepan lapangan Trikora dijadikan sebagai venue Rugby.

Sementara untuk lapangan latihan stadion Papua Bangkit, katanya, sama dengan lapangan Bas Youwe. “Dulu Rugby ditempatkan di lapangan Bas Youwe Sentani, tetapi tidak bisa karena ada sentel band. Jadi kalau mau digunakan harus renovasi lagi,” paparnya.

Dengan demikian, kami semua sepakat untuk Rugby dipertandingkan di lapangan Trikora Abepura. “PB PON dan Disorda Papua perlu berkoordinasi dengan Pemkot Jayapura untuk menggunakan lapangan Trikora,” ujarnya.

Artikel Terkait

Awasi Kecurangan, PB PON XX Kerja Sama dengan LADI

Bams

Wagub Ajak Masyarakat Sukseskan PON

Bams

RSUD Jayapura Jadi Rumah Sakit Rujukan PON XX

Bams

Bank Papua Terbitkan ATM Berlogo PON

Bams

Pelatih PON Papua akan Dievaluasi

Bams

Media Center PON XX Pindah ke Wisma Atlet

Bams

Pemprov dan PB PON Sinkronisasi Program Sukseskan PON XX 2O21

Bams

PON XX, Perbanyak Uji Coba Guna Tingkatkan Kemampuan Pemain

Bams

Technical Delegate Cabor Air Pantau Lokasi Pertandingan PON XX

Bams