Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Perkembangan Tekhnologi Harus Ditunjang Pembentukan Karakter Siswa

Pembentukan Karakter Siswa
Pembentukan Karakter Siswa

Jayapura, – Pelaksanaan Lomba Kerja Siswa (LKS) tahun 2020 berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Kali ini LKS di Propinsi Papua dilaksanakan menggunakan kemajuan tekhnologi informatika. Perlombaan dilakukan jarak jauh dengan media Zoom.

“Kemajuan tekhnologi saat ini, sangat menunjang masyarakat terutama dalam dunia pendidikan. Disaat pandemi Corona , kita bisa melaksanakan lomba melalui Zoom, ” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan Dan Arsip Daerah Papu yang diwakili oleh Kabid PKLK Laurens Wantik saat membuka Lomba, Selasa (21/7).

Lebih lanjut dikatakannya, perkembangan tekhnologi informatika saat ini perlu ditunjang dengan karakter siswa yang baik. “Saat ini guru adalah pembentuk Karakter Siswa. Oleh sebab itu peran guru sangat penting,” ujarnya.

Dikatakannya pula, salah satu karakter masyarakat Papua khususnya generasi muda adalah tidak mau diam. “Dorang tra bisa duduk tenang belajar. Tra bisa diam. Oleh sebab itu, karakter atau jiwa SEkolah Kejuruan sangat cocok,” ujarnya.

Wantik juga menegaskan, bahwa dengan LKS ini para siswa bisa menunjukkan “roh” daripada SMK. “Siswa SMK setelah tamat walau tak mendapat pekerjaan tapi bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri sebab mereka telah memiliki skill atau keahlian. Dapat membuat lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dengan berbekal ketrampilan yang didapat di sekolah,” ujar Kabid.

LKS tingkat propinsi diikuti oleh 7 perwakilan wilayah adat di Papua dengan menggelar 24 mata lomba. Namun yang dipertandingkan hanya 15 mata lomba, sementara 9 mata lomba tidak dipertandingkan karena hanya diikuti satu peserta.

Artikel Terkait

Ciptakan Masker Wajah Dari Sarang Semut

Arafura News

Maurits : Asah Kemampuan Siswa, Motivasi Penting Diberikan

Arafura News

Demi Optimalnya Pendidikan, ‘Taufik Iriawan Rela Mengajar Ke Rumah Siswa’

Arafura News

54.596 Pelajar Di Mimika Masih Belajar Dari Rumah

Pieter

Tahun Ajaran Baru, Pembelajaran Tatap Muka Ditiadakan

Arafura News

Masalah Pendidikan di Kabupaten Sarmi Butuh Bantuan Pemprov Papua

Tiara

284 Siswa Adem Kembali ke Papua

Bams

Pemerintah Harus Bantu Anak OAP Yang Ingin Lanjutkan Kuliah

Tiara

Baznas Kabupaten Jayapura Salurkan Bantuan Pendidikan untuk Siswa Tak Mampu

Jems