Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Masa Berlaku Akreditasi Habis, Tim Asesor Provinsi Papua Visitasi Sekolah Di Waropen

16092114
Muhammad Qumaruddin, SPd.,M.Pd Asesor I saat lakukan pengamatan kepada siswa/siswi di halaman SMA Negeri Waren.

WAROPEN- Habisnya masa berlaku akreditasi sekolah-sekolah di Kabupaten Waropen, Sebanyak 7 Tim asesor akreditasi melakukan asesmen lapangan (visitasi) dan pengamatan lapangan (Observasi) di Sekolah tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, untuk mempertahankan dan memperpanjang level akreditasinya.

1609219
Pelajar SMA Negeri Waren berbaris menyambut kedatangan tim asesor, dihalaman sekolah.

Kehadiran tim Asesor disambut baik oleh para guru dan murid, selama dua hari dalam visitasi, guru maupun kepala sekolah, murid dan perwakilan orang tua sangat responsif saat diwawancarai tim Asesor.

Hal tersebut dikatakan Asesor II Suyono,S.Pd.,M.Pd saat ditemui di ruang guru SMA Negeri Waren usai lakukan visitasi, Rabu (15/09/2021). Empat hal yang menjadi perhatian selama dalam asesmen lapang (visitasi) sekolah akreditasi adalah mutu lulusan, proses pembelajaran, Mutu guru dan manajemen sekolah. Sedangkan dalam penilaian Ada tiga yang dinilai adalah wawancara, telaah dokumen dan observasi kelas.

Lanjut Suyono, Setelah dilakukan Visitasi, Selanjutnya sekolah-sekolah akan diberitakan catatan-catatan maupun rekomendasi untuk bisa memenuhi kekurangan sehingga proses pembelajaran kedepan bisa lebih baik lagi, namun juga diharapkan ada nilai tambah dari sekolah ini.

Menurutnya mutu pendidikan di SMA Negeri Waren yang di visitasi sudah bagus, baik dari sisi mutu lulusan pengajar strata satu (S1), namun diharapkan bisa melanjutkan ke S2 sehingga mutu pendidikan di SMA Waren lebih baik dari sekarang. Harapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sebelumnya akreditasi dilihat dari sarana dan prasarana namun untuk saat ini capaian level kinerja yang menjadi perhatian sehingga apa yang dilakukan sudah harus ada dalam bentuk dokumen yang baik, karena ini menyangkut Level kinerja guru.

Sementara itu Asesor I Muhammad Qumaruddin, SPd.,M.Pd menambahkan, bahwa tugasnya tim adalah melakukan visitasi terhadap sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Waropen sesuai dengan surat tugas yang diberikan.

“tugas kami hanya melakukan visitasi, melakukan pemotretan kepada sekolah-sekolah” jelasnya

Akreditasi Sekolah/Madrasa (S/M) adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan serta peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Qumaruddin menjelaskan, Perlu dilakukan visitasi karena masa akreditasi sekolah hanya 5 tahun sehingga perlu diperpanjang, diakuinya visitasi kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Tahun Ini (2021) menggunakan penilaian level kinerja.

Artikel Terkait

1399 Pelajar OAP Lolos Administrasi Beasiswa Otsus

Bams

460 Siswa SMA di Papua Tidak Lulus UN

Afrans

Komit Dukung Pendidikan , PT.BIA Tandatangani MoU Dengan Dinas Pendidikan

Afrans

Peduli Pendidikan, Yune Angel Buka Sekolah Alam

Arafura News

Ciptakan Masker Wajah Dari Sarang Semut

Arafura News

Maurits : Asah Kemampuan Siswa, Motivasi Penting Diberikan

Arafura News

Demi Optimalnya Pendidikan, ‘Taufik Iriawan Rela Mengajar Ke Rumah Siswa’

Arafura News

Perkembangan Tekhnologi Harus Ditunjang Pembentukan Karakter Siswa

Fani

54.596 Pelajar Di Mimika Masih Belajar Dari Rumah

Pieter