Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Peringati Wolrd Cleanup Day dan Sambut PON, DKLH Papua Gerebek Sampah

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si didampingi Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Papua, Jan Jap L. Ormuseray, SH, M.Si dan Kasrem 172/PWY Kolonel Inf. Wempi Ramandey saat memberikan sambutan di kegiatan gerebek sampah yang di prakarsai oleh Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua di Bukit Tungkuwiri, Jumat (10/9/2021) Pagi.

Di sekitar Venue PON dan tempat wisata

SENTANI – Memperingati Wolrd Cleanup Day (hari sampah sedunia) dan menyambut pelaksanaan PON XX Papua tahun 2021, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Papua, menggelar aksi gerebek sampah di sekitar venue dan kawasan wisata Bukit Tungkuwiri (Teletubbies), Kampung Doyo Lama, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Jumat (10/9/2021).

Aksi itu dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Papua, Jan Jap L. Ormuseray, SH, M.Si, juga dihadiri Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, Stafsus Presiden Billy Mambrasar, Kasrem 172/PWY Kolonel Inf. Wempi Ramandey, Danramil 1701-01/Sentani Mayor Inf. Jhon F. Dahar, Komandan LMR-RI Wilayah Papua Imam Syafi’i dan Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd.

Gerebek sampah yang dilakukan di lima titik ini juga melibatkan tim Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, TNI-Polri, ASN, anggota LMR-RI Wilayah Papua dan komunitas pecinta lingkungan.

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Jan Jap L. Ormuseray, SH, M.Si, menjelaskan, gerebek sampah ini dilakukan dalam rangka memperingati Wolrd Cleanup Day atau hari sampah sedunia dan juga menyambut iven pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2021.

“Hari ini kami gerebek sampah di Bukit Teletubbies (Tungkuwiri) ini sesungguhnya kegiatan rutin tahunan di lingkungan DKLH Papua dalam rangka memperingati Wolrd Cleanup Day yang dilaksanakan setiap tanggal 18 September tiap tahunnya,” beber Jan Jap L. Ormuseray kepada wartawan disela-sela kegiatan gerebek sampah tersebut, di Bukit Tungkuwiri Jumat (10/9/2021).

Lanjut pria yang akrab disapa JJO ini, bertepatan dengan pelaksanaan Wolrd Cleanup Day tahun 2021 ini, bersamaan juga kita akan memasuki satu iven besar di Papua dalam hal ini PON XX Papua Tahun 2021.

“Oleh karena itu, kami mengambil keputusan untuk kegiatan Wolrd Cleanup Day ini disatukan dengan kegiatan gerebek sampah dalam rangka membersihkan sampah pada beberapa destinasi wisata dan juga di venue-venue PON, baik yang ada di Kabupaten Jayapura maupun di Kota Jayapura,” tuturnya.

Aksi gerebek sampah di Kabupaten Jayapura, kata Jan Jap Ormuseray, terbagi dalam beberapa titik sesuai dengan venue-venue PON yang ada di klaster Kabupaten Jayapura.

“Titik pertama itu di venue utama, itu di Kampung Harapan sekitar stadion utama Lukas Enembe. Kemudian, tempat wisata di Bukit Teletubbies dan juga di Doyo Baru, serta hampir di semua titik yang terdapat venue PON,”

“ Dalam aksi gerebek sampah ini di bagi tim DKLH Papua, elemen-elemen pemerintah, kemudian tim DLH Kabupaten Jayapura, TNI-Polri, LMR-RI, komunitas-komunitas pecinta lingkungan dan juga komunitas peduli sampah atau lingkungan,” ungkapnya.

“Aksi gerebek sampah yang difokuskan disini, untuk membersihkan sampah yang ada di lokasi wisata Bukit Teletubbies, terutama yang banyak terdapat sampah botol dan plastic,”

“Jadi kegiatan kita hari ini sekaligus memberikan pembelajaran kepada warga saat berkunjung ke tempat-tempat wisata agar tetap memperhatikan sampah. Supaya sampah jangan dibuang sembarangan, tapi dibuang di tempat yang tersedia di sekitar lokasi wisata. Sekaligus kita menjadi pembuang sampah dengan cara membuang sampah pada tempatnya,” lanjutnya.

Melalui kegiatan ini, Jan Jap Ormuseray mengatakan, pihaknya juga meminta kepada warga untuk tidak tinggal diam. Di mana, warga dituntut untuk memelihara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Oleh karena itu, biasakan bawa tempat minum sendiri sehingga kita tidak ikut serta menambah jumlah sampah di tempat-tempat keramaian atau wisata,” imbuh Jan.

Selain memperingati Wolrd Cleanup Day, gerebek sampah ini merupakan kegiatan untuk menjadikan tempat-tempat wisata yang ada di Klaster Kabupaten Jayapura sebagai salah satu daerah bebas sampah saat menyambut PON XX, khususnya sampah plastik yang berdampak pada peningkatan efek rumah kaca.

“Saya harap warga juga dapat menjaga perilaku hidup bersih dan sehat,” tutup Jan Jap Ormuseray.

Ditempat yang sama, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini DKLH yang sudah melakukan kegiatan pembersihan sampah di sekitaran venue dan tempat wisata di Kabupaten Jayapura.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan ketika ada event nasional ataupun daerah tapi perlu terus dilakukan setiap minggu sebab kebersihan adalah kebutuhan kita sebagai manusia.

“Oleh karena itu, sebagai tuan rumah yang baik kita harus tunjukan bahwa rumah dan tempat kita tinggal dapat memberikan rasa nyaman dan kedamaian bagi mereka yang dating berkunjung kesini,” ucapnya.

Ia berharap melalui kegiatan seperti ini dapat tumbuh kesadaran masyarakat akan pentingan hidup bersih.

Sementara itu, Kepala Distrik Wibhu, Jenny Deda menyampaikan banyak terima kasih atas dukungan dan partisipasi Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, TNI, Polri, dan semua eleman masyarakat yang terlibat dalam aksi Grebek Sampah di Bukit Tungkuwiri.

“ Tungkuwiri akan menjadi ikon wisata daerah ketika tempat dan areal ini tetap dalam kondisi bersih, aman, dan nyaman bagi para pengunjung. Hal-hal ini menjadi perhatian serius pemerintah distrik untuk terus mesosialisasikan kepada masyarakat Waibhu. Apalagi sudah mulai dekat pelaksanaan PON XX, tempat ini harus dijaga kebersihannya, keamanan serta kenyaman bagi tamu yang akan datang berkunjung,” tandasnya.

Artikel Terkait

Dukung PON XX, Kodam Cenderawasih dan Perbakin Gelar Vaksinasi Gratis Selama Sebulan

Jems

Gubernur Enembe Tinjau Venue Rugby

Bams

PB PON Siapkan Stand Untuk Seniman Papua

Bams

Disorda Papua Verifikasi Peralatan Pertandingan PON Hibah Pemerintah di Merauke

Bams

Bidang TIK Sub PB PON Kabupaten Jayapura Input Data Personalia dan Pengurus Dalam Aplikasi SIM PON

Jems

Kadisorda Papua Menerima Hibah Peralatan Pertandingan Dari Kemenpora

Bams

Glorya Famiela Ralahalo: PB ESI Siap Selenggarakan Eksebisi Esports PON XX Papua

Jems

Sistem Kelistrikan PON XX di Merauke Siap 100 Persen

Bams

Diskominfo Bangun Sarana Media Informasi di Nabire

Bams