Pasific Pos.com
Headline Sosial & Politik

HWN dan Ahmad Syaikhu Sosialisasikan 4 Pilar MPR RI Secara Virtual di Papua

Anggota Fraksi DPR RI, Ahmad Syaikhu saat mensosialisasikan 4 Pilar MPR RI yang diadakan secara virtual di Hotel Horison Ultima Entrop, Kota Jayapura, Jumat siang (9/09). foto Tiara

Jayapura – Wakil Ketua MPR RI, H Hidayat Nur Wahid bersama Anggota Fraksi PKS DPR RI, Ahmad Syaikhu melakukan sosialisasi 4 pilar MPR RI secara virtual di Hotel Horison Ultima, Kota Jayapura, Papua, Jumat, 9 September 2021.

Dalam mensosialisasikan 4 pilar
kebangsaan kerjasama MPR RI itu, Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid mengatakan, dengan adanya sosialisasi 4 pilar ini membuktikan bahwa MPR RI cinta bangsa dan negara dan tetap siap melaksanakan seluruh amanahnya dalam kondisi apapun.

“Dengan kondisi apapun, MPR RI akan tetap hadir, meski dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, sehingga diperlukan vaksinasi untuk melawan Covid-19. Bangsa juga memerlukan vaksinasi ideologi supaya ditengah pandemi ini, jangan semua menjadi galau, kehilangan orientasi sehingga menjadi ‘lepas’ idiologi berbangsa dan bernegaranya,” tandas Hidayat Nur Wahid atau yang akrab disapa HNW.

Sebab kata HNW, justru ditengah pandemi Covid-19 ini, dimana sangat rawan terjadi gerakan-gerakan yang tak sesuai dengan Pancasila dan membahayakan NKRI itu bisa terjadi.

Oleh karena itu, sangat diperlukan sosialisasi 4 pilar MPR RI atau vaksinasi ideologi, agar kokoh dalam berbangsa dan bernegara, menjaga ideologi negara, menjaga Undang – Undang Dasar 1945, menghormati Binekha Tunggal Ika dan mengokohkan eksistensi NKRI.

“Jadi, ketika ada pandemi Covid-19, diperlukan vaksin dan ketika banyak tantangan, maka bangsa kita ini memerlukan vaksin ideologi. Nah, ini dikerjakan melalui sosialisasi 4 pilar MPR RI itu,” jelas HNW.

Untuk itu, HNW menambahkan, jika sosialisasi 4 pilar MPR RI ini adalah realisasi dari Undang – undang tentang MD3 yang menugaskan MPR RI untuk melakukan sosialisasi.

“Jadi, ini perintah Undang – undang yang ditujukan kepada MPR RI. Ini penting karena didalamnya ada yang disebut vaksinasi ideologi, karena dalam berbangsa dan bernegara, memerlukan dan mengenal sesungguhnya ideologi bangsa, aturan bernegara, sistem yang diberlakukan, menghormati keberagamaan dan lainnya, agar semua mempunya wawasan yang kokoh dan kuat menjaga eksistensi bangsa dan negara,” paparnya.

Sekedar diketahui, dalam kegiatan sosialisasi 4 pilar MPR RI ini, juga dihadiri oleh Anggota Fraksi PKS DPR RI, Ahmad Syaikhu didampingi Ketua MPW PKS Papua, H. Kusmanto dan Ketua DPW PKS Papua, Suherman dan Korwil Indonesia Timur, Ahmad Kasuba.

Sementara itu, Anggota Fraksi PKS DPR RI, Ahmad Syaikhu mengatakan, jika PKS akan terus berupaya untuk memasyarakatkan 4 pilar kebangsaan ini ke berbagai segmen terutama kaum milenial.

“Nah, ini tadi kebanyakan segmennya untuk orang tua, namun nanti untuk anak-anak muda atau kaum milenial tentu kita akan menyesuaikan. Bagaimana sosialisasi itu dikemas untuk anak-anak muda yang lebih mileneal untuk bisa lebih tertarik, dengan suasana yang lebih santai, termasuk materinya yang dikemas menarik seperti komik dan lainnya,” terangnya.

Kendati demikian kata Presiden PKS ini, jika dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan itu untuk generasi milenial ini, dan tentu menjadi perhatian semua pihak. Sebab, generasi ke depan akan diisi oleh generasi milenial dan generasi Z.

Untuk itu, ungkap Ahmad Syaikhu, tentu saja sosialisasi 4 pilar kebangsaan itu, juga harus mengikuti perkembangan zaman yang lebih maju, sehingga anak-anak muda bisa memahami nilai-nilai Pancasila ini.

“Sebab ini adalah hal yang sangat penting menurut saya, agar supaya rasa kebangsaan dan kenegaraan tidak pudar. Dan, ini juga salah satu prasyarat untuk menjaga NKRI dan nilai-nilai Pancasila yang disepakati oleh pendiri bangsa kita, sehingga harus terus disosialisasikan antar generasi,” pesannya. (Tiara)