Pasific Pos.com
Headline

Pemprov Papua programkan donor untuk pastikan ketersediaan Stok Darah

Sekda Papua Ridwan Rumasukun melakukan pemeriksaan sebelum donor darah dalam rangka HUT RI ke-77 di Istora Papua Bangkit, Senin (8/8/2022).

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memprogramkan aksi donor secara rutin pada setiap instansi untuk memastikan ketersedian stok daerah.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Ridwan Rumasukun pada acara Bhakti Sosial donor darah dan vaksinasi Covid-19 dalam rangka HUT RI ke-77 di Istora Papua Bangkit, Senin (8/8/2022).

“Saya minta kepada ketua PMI kota Jayapura dan Provinsi Papua dijadwalkan aksi donor darah rutin agar tidak ada kelangkaan kantong darah di Papua,”kata Sekda.

Menurut Sekda, semua instansi yang ada di Provinsi Papua agar menjadwalkan dari Januari – Desember melakukan aksi donor darah. “Kita jadwalkan masing-masing instansi diberikan jadwal, agar mereka tahu kapan mereka harus berdonor,”tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan apresiasi bagi semua pihak telah bersedia melakukan donor darah. “Pekerjaan pada hari ini sangat mulia, oleh karena itu apresiasi. Kami sampaikan kepada semua pihak yang datang melakukan aksi donor darah yang tulus dan ikhlas memberikan setetes darah bermanfaat bagi masyarakat dipenjuru dunia,”ujarnya.

“Saya merasa bangga dan terharu, kita pada hari ini banyak sekali yang hadir untuk memberikan donor darah, Ini tidak semua orang yang mampu datang kesini untuk memberikan donor darah,” lanjutnya.

Hal senada disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua Muhammad Musa’ad mengatakan Pemerintah Provinsi Papua akan menjadikan aksi donor darah sebagai agenda tetap.

“Sesuai arahan Pak Sekda, donor darahakan jadi agenda tetap. Tidak hanya dilakukan pada saat peringatan HUT RI saja tetapi secara kontinyu dilakukan agar stok kantong darah tetap ada untuk membantu saudara – saudara kita yang membutuhkan,”ujar Musa’ad.

Dikatakan, vaksinasi Covid-19 dan donor darah ini dilakukan dalam rangka HUT. Selain itu akan ada kegiatan Bhakti sosial, anjangsana ke rumah pejuang, panti asuhan dan panti jompo

“Semua ini kita lakukan dalam menumbuhkan rasa solidaritas sebagai sesama anak bangsa serta momentum peringatan HUT RI sesuai dengan tema yakni kita ingin pulih lebih cepat,”ucapnya.

Sebab kita sudah menghadapi masa pandemi Covid-19 yang luar biasa, sebab itu sesuai tema utama HUT RI tahun ini adalah kita ingin pulih lebih cepat, diimanq sudah cukup lama menghadapi dengan penuh was-was. “Karena itu kita sepakat momentum HUT RI kita segera pulih kembali seperti semula,”tandasnya.

Selain itu, temah utama lain adalah kita ingin bangkit lebih kuat, saatnya kita bangkit sebagai bukti kita ingin pulih lebih cepat.

“Makanya kita hari ini siap untuk vaksinasi dan donor darah, ini menunjukkan bahwa kita siap menghadapi segala masalah yang sudah kita hadapi untuk kembali bangkit,”katanya lagi.

Artikel Terkait

Tokopedia Bantu UMKM Papua Kantongi NIB untuk Kembangkan Bisnis Menjadi #YangLokalYangJuara

Bams

Sekda: GMKI Harapan Besar Pemerintah dan Masyarakat Papua

Bams

Ekonomi Biru Diharapkan Membawa Dampak Positif Bagi Papua

Bams

Lemhanas RI Buat Kajian Srategis Soal Papua

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Pemberian Beasiswa Selandia Baru

Bams

Pimpin Upacara HUT RI, Lukas Enembe: Papua Harus Lebih Maju

Bams

Pencanangan 10 Juta Bendera Merah Putih Dari Timur Papua Untuk Indonesia

Bams

2.950 Tenaga Honorer Papua lolos Verifikasi dan Validasi

Bams

PAD Papua 2022 Sudah Lebih dari Target

Bams