Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Pemkab Jayapura Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

Foto bersama usai Upacara Hari Kesaktian Pancasila yang Dilaksanakan Pemkab Jayapura

SENTANI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020, secara virtual bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, yang langsung terhubung ke Monumen Pancasila Sakti Jakarta Timur melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/10/2020).

Upacara tersebut langsung dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo dan diikuti oleh seluruh Menteri, Pimpinan Lembaga Negara, Perwakilan Indonesia di Luar Negeri, seluruh Kepala Daerah dan Unsur Forkopimda se-Indonesia di tempat masing-masing dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dikesempatan ini yang menjadi Komandan Upacara, Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap dan yang membacakan Teks Pancasila Ketua MPR Republik Indonesia Bambang Soesatyo.

Selanjutnya, untuk pembacaan Naskah UUD RI Tahun 1945 dibacakan oleh Ketua DPD Republik Indonesia, La Nyalla Mattalitti dan pembacaan Ikrar dibacakan oleh Ketua DPR Republik Indonesia, Puan Maharani. Kemudian untuk pembacaan doa dibacakan oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy.

Sedangkan untuk Pemkab Jayapura yang mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila secara Virtual bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, yakni Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Sekda Kabupaten Jayapura Dra. Hanna S. Hikoyabi, S.Pd, M.KP, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, Ketua LKUB Kabupaten Jayapura Pdt. Alberth Yoku, S.Th, para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Jayapura seperti Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Jayapura Sefried Depondoiye, Kepala BKPSDM Kabupaten Jayapura Alex Rumbobiar, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura Arry Ronny Deda dan Kepala Distrik Sentani Eroll Y. Daisiu.

“Sebagai penerus kita tidak boleh melupakan, bahwa Indonesia dengan ideologi Pancasila nya, kita banyak di uji dan juga tantangan yang kita hadapi. Alhamdulillah, walaupun kita di tanggal 30 (September) kita sempat punya satu rencana buruk. Akan tetapi, nyatanya kita bisa menggagalkan rencana (buruk) itu dan kita tetap kokoh dengan ideologi Pancasila,” ujar Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro usai ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila secara Virtual, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Kamis (1/10) pagi.

“Dan di tanggal 1 Oktober ini, kita nyatakan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Dengan demikian, kita tinggal menjaga serta merawat Kesaktian Pancasila. Dengan adanya ujian-ujian yang begitu berat, tapi semua itu kita bisa lalui dan kita tetap utuh sampai hari ini,” tukas Giri Wijayantoro.

Artikel Terkait

Wabup Giri Terima 30 Rekomendasi LKPJ Bupati Jayapura 2020

Jems

LSM Papua Bangkit : Pemkab Jayapura Jangan Gusur PKL

Jems

Hengky Jokhu Mengundurkan Diri dari Perusda Baniyau, Ini Alasannya

Jems

Ada Bantuan Presiden, Pelaku UMKM Diminta untuk Lengkapi Data Usaha

Jems

Disdukcapil Kabupaten Jayapura Lakukan Pelayanan Terpadu Adminduk di Kampung Nolokla

Jems

Bupati Jayapura Tandatangani SK Pembentukan TP2DD

Jems

Ini Harapan Asisten III Saat Buka Pelatihan Instalasi Jaringan VSAT dan Maintenance

Jems

Perkuat Kampung Tangguh, Polres, Nestle dan Pemkab Jayapura Jalin Kerjasama

Jems

Ini Fokus Kepala Kampung Dobar Dalam 100 Hari Kerja

Jems