Pasific Pos.com
Info Papua

Pandemi Covid-19 Pengaruhi PAD Papua

Setiyo Wahyudi

JAYAPURA – Pandemi virus Corona (Covid-19) memang dirasakan dampaknya di tengah-tengah masyarakat maupun pemerintah. Salahsatunya yakni Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak biaya balik nama dan bahan bakar kendaraan bermotor.

Hal itu diakui Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Papua Setiyo Wahyudi kepada wartawan di Jayapura, kemarin.

Ia mengatakan, hingga akhir September 2020, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Papua telah mencapai Rp 869 miliar atau 73 persen dari target Rp 1, 185 triliun.

Dijekaskannya, pajak biaya balik nama dan bahan bakar kendaraan bermotor mengalami penurunan karena masalah Covid-19. Pihaknya pun tidak bisa berbuat banyak, sebab wabah tersebut merupakan pandemi global yang terjadi saat ini.

“sebagian kecil dari pajak kendaraan bermotor, karena pada saat Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD) relaksasi kontekstual Papua diterapkan banyak orang tidak keluar rumah dan itu memengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar,” katanya.

Selain itu, selama pandemi Covid-19 pendapatan masyarakat juga mengalami penurunan. Dimana akibat relaksasi, tingkat kemampuan masyarakat ikut menurun. Namun, pihaknya harapkan adanya penyesuaian, sehingga di akhir tahun target PAD dapat tercapai.

Ia menghimbau kepada seluruh pemilik kendaraan dapat memanfaatkan relaksasi waktu yang tinggal satu bulan, terutama bagi pemilik kendaraan masa pajak berakhir bulan ini, dapat membayar bulan depan karena tidak dikenakan denda.

“kepada seluruh pemilik kendaraan bisa memanfaatkan sisa waktu 1 bulan ini melakukan penyesuaian dari pada pajak kendaraan bermotor itu,” imbaunya.

Artikel Terkait

Pemprov Papua Klarifikasi Pemberitaan Mendagri

Bams

Pemprov Papua Canangkan Vaksin Covid-19

Bams

Pemda Papua dan Jerman Teken MoU Pencegahan Korupsi

Bams

Pemprov Berlakukan Shift Kerja Hingga 19 Januari 2021

Bams

Pemprov Papua Paparkan Program Peningkatan Kualitas SDM Orang Asli Papua

Bams

DPR Papua Sahkan APBD Papua Tahun Anggaran 2021

Tiara

Pemprov Papua Hitung Biaya Bantuan Relokasi Warga di Sekitar Stadion Lukas Enembe

Bams

Komisi III Temukan Banyak Aset Pemprov Papua yang Tidak Dimanfaatkan dengan Baik

Tiara

Sampai Hari Ini, Pemprov Masih Tergantung Pada Dana Transferan dari Pusat

Tiara