Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Menuju Era New Normal, Dinkes Papua Terapkan 5 Hal Wajib Bagi Masyarakat

Dinkes Papua Terapkan 5 Hal
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes.

Jayapura, — Menuju era new normal, masyarakat Papua harus menerapkan lima hal dalam kehidupan sehari hari. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes.

“Pertama, Wajib Tidak Berkumpul/Berkerumun (Social Distancing). Kedua, Wajib Jaga Jarak (Physical Distancing). Ketiga, Wajib Cuci Tangan Dengan Sabun dan Air Mengalir. Keempat, Wajib Pakai Masker. Kelima, Wajib Periksa Kesehatan,” kata dr. Robby.

Dikatakannya pula, Pemerintah di Provinsi Papua telah menyediakan layanan Rapid Test gratis di Puskesmas untuk mengetahui status Covid bagi setiap warga.

Selain status Covid, ia juga meminta warga bisa memeriksakan kondisi kesehatannya terkait penyakit lain, seperti HIV, TBC, malaria, gula darah, kolesterol, asam urat, hepatitis dan lain sebagainya ke rumah sakit. Sebab pada masa pandemi Covid ini, mengetahui status kesehatan sangatlah penting.

“Kalau WHO minta hanya 4 dan ditambah menjaga stamina, makan bergizi dan olahraga, ya kita di Papua punya satu lagi yaitu wajib periksa kesehatan. Itu yang saya bilang New Normal ala Papua agar kita bisa kendalikan virus ini. Jadi wajib periksa,” kata putra Mee kelahiran Enarotali, ini.

Ia mengatakan per 16 Juni 2020 ada kabar gembira bahwa ada 58 tambahan pasien Covid yang sembuh sehingga total kasus sembuh di Papua mencapai 505 orang atau 39 persen.

“Kami beri apresiasi dan terima kasih bagi kerja tim medis di rumah sakit-rumah sakit yang telah bekerja keras membantu kami menolong para pasien Covid ini sampai sembuh,” katanya.

Artikel Terkait

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans

Tindak Lanjuti Inpres No.6, Pemda Waropen Gelar Rapat Internal

Afrans

Alami Defisit, Proyek Besar di Papua Ditunda

Bams

Pemuda Papua Jadi Agen Perubahan Covid-19

Bams

Kantor Pemerintahan di Papua Harus Bebas Dari Covid-19

Bams