Pasific Pos.com
Olahraga

Koni Rencana Pulangkan Atlet Papua dari Pulau Jawa

Koni Pulangkan Atlet Papua
Atlet Futsal Pon Papua

Jayapura – Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Papua akan memulangkan atlet yang sedang menggelar pemusatan latihan atau Training Center (TC) di Pulau Jawa.

Hal itu disampaikan Sekretaris Umum Koni Papua, Kenius Kogoya, setelah pemerintah mengundurkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 hingga bulan Oktober 2021.

Kenius mengatakan, untuk sementara atlet yang berada di luar Papua tetap melakukan latihan di tempat tinggal, sambil menunggu pemerintah membuka jalur transportasi.

“Sekarang ini pemerintah menutup semua jalur transportasi udara hingga 1 Juni mendatang, kalau nantinya sudah ada penerbangan, kita akan pulangkan semua atlet dan pelatih,” kata Kenius kepada pers, Sabtu pagi.

Sementara itu, Ketua Perpani Papua, DR. Juliana J Waromi, SE.M.Si mengatakan, Pandemi corona Covid-19 yang melanda semua daerah di Indonesia saat ini, dirinya sangat mencemaskan nasib para atletnya.

“Para atlet dan pelatih sementara TC di Jawa Tengah, tetapi saya cemas, kesehatan mereka bagaimana, sebelumnya virus corona masuk ke Papua, kita sudah pesan tiket untuk mereka (atlet) pulang, tetapi tiba-tiba pemerintah menutup semua jalur transportasi masuk ke wilayah bumi Cenderawasih,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya penundaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Perpani kami harapkan Koni Papua segera memulangkan semua atlet dan pelatih ke Papua.

Hal Senada juga disampaikan Sekretaris Umum POBSI Papua, Agus Fakaubun bahwa pemulangan atlet oleh Koni perlu dipikirkan dampak lainnya.

Misalnya, dari sisi biaya pemulangan atlet dan jika Pandemi virus Corona ini berakhir harus kembali ke pulau Jawa untuk training camp lagi.

Selain itu, untuk cabor biliar tentu akan mengalami kendala pada saat latihan, sebab, di Jayapura sendiri tidak ada maja untuk nomor snooker.

“Kita akan ikuti apa yang Koni perintahkan, tetapi jika kita pulang ke Jayapura, tentu kita akan memulai lagi dari awal,” ucapnya.

Artikel Terkait

Atlet Jenuh, KONI Belum Izinkan Cabor Try Out

Bams

Asa Kemampuan, Atlet Muaythai Papua Uji Coba di Jawa Timur

Bams

Sebelum Masuk Penampungan, Atlet PON Papua Bakal Jalani Tes Kesehatan

Bams

Koni Papua Akui Kesulitan Cari Pelatih

Bams

Masa Kepengurusan Habis, Koni Papua Deadline Enam Cabor

Bams

Futsal PON Papua Kaget Main di Lapangan Standart

Pasific Pos

Target 3 Emas, Atlet Terjun Payung Papua dari Korps Kopasus

Bams

PON XX, KONI Minta Dukungan Adat

Bams

Pengurus Koni dan Atlet Papua Jalan Sehat Meriahkan Hari Olahraga Nasional

Bams