Pasific Pos.com
Nasional Papua Selatan

Komitmen Kapolres Dan Unsur Terkait Wujudkan Keamanan Paskah

05
Kapolres dan unsur TNI saat melakukan pemantauan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Patut disyukuri karena perayaan Paskah tahun ini di Kota Merauke berjalan dengan aman dan lancar berkat kesigapan aparat keamanan di bawah komando Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum yang juga melibatkan berbagai unsur terkait lainnya. Ketegasan sang Kapolres dalam menghandel keamanan akhirnya membuahkan hasil dengan kondusifnya perayaan bagi umat Kristiani itu.

Sejak jauh-jauh hari dirinya memang telah melakukan persiapan dan hal tersebut sudah ia tegaskan saat menjadi narasumber di LPP RRI beberapa waktu lalu bahwa menyangkut perayaan Paskah di Merauke, pihaknya sudah pastikan bahwa TNI, Polri dan instansi terkait akan melaksanakan pengamanan sejak malam Kamis, gereja-gereja disterilisasi dan semua pergerakan serta aktifitas di setiap gereja terus dipantau. Polres Merauke diback up Brimob dan TNI sehingga dapat dipastikan bahwa keamanan perayaan Paskah akan terjamin sehingga warga Merauke dapat merayakan Paskah dalam keadaan aman dan kondusif.

“Jangan mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan jangan mudah terhasut aksi terorisme yang terjadi di Makassar. Jangan panik dan mohon doa serta kerja sama dari jemaat saat dilakukan pemeriksaan karena lebih baik mencegah,”ujarnya. Kapolres juga menegaskan bahwa Polri akan bertindak tegas dan terukur terhadap kejahatan jalanan. Pihaknya akan berkoordinasi dengan semua elemen guna mengambil langkah terbaik demi Merauke agar tetap aman.

Kapolres bersama Danrem 174 / ATW Brigjend Bangun Nawoko SIP dan Dandim Letkol Moh Rois SIP Jumat lalu juga melakukan peninjauan langsung di Gereja Katedral dan Gereja Petra Muli. Ibadah Paskah saat itu benar-benar dikawal ketat aparat gabungan TNI dan Polri yang berjumlah ratusan. Aparat nampak berjaga-jaga di setiap gereja dan setiap jemaat yang masuk wajib diperiksa petugas. “Kita lakukan pemantauan guna memastikan keamanan dan kenyamanan umat Nasrani dalam pelaksanaan ibadah Jumat Agung. Kita meyakinkan bahwa ibadah Paskah berjalan aman, lancar dan penuh dengan kedamaian,”ujar Danrem saat ditemui wartawan. Adapun tujuan pemantauan pihaknya adalah untuk memberikan dukungan moril bahwa umat Kristiani bisa melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman tanpa ada ancaman.

Sementara itu Kabag Ops AKP Micha P. Toding, SH, SIK mengatakan bahwa ratusan personil TNI, Polri dan instansi terkait sudah siap mengamankan perayaan Paskah. Polres menurunkan 125 personil yang diback up oleh 25 personil Brimob Merauke, 25 personil Kodim 1707 Merauke serta ditambah Satpol PP, Dishub, Pramuka Saka Bhayangkara, Timsus Rajawali dan Patmor Kuda Mati. Senada dengan Kapolres, Kabag Ops juga menegaskan bahwa pengamanan di setiap gereja diperketat dengan menyiagakan personil sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk gereja-gereja di wilayah distrik diamankan Polsek dan Koramil. “Sesuai perintah Bapak Kapolres, Hari Kamis personil Brimob Merauke mensterilisasi gereja-gereja yang besar dengan menggunakan peralatan metal detector pemeriksaan manual di setiap pintu masuk.**(Istya Sari Utami)

Artikel Terkait

Kembali Pertegas Pengamanan PON, Untung Sangaji:Masuk Di Area Saya Tanpa Status, Langsung Dikeluarkan

Arafura News

Berhasil Yakinkan Pemilik Tanah, Palang Dibuka

Afrans

Kapolres Presentasi Pembangunan Wisata Pantai

Afrans

Terobosan Baru Kapolres Merauke

Afrans

Bebaskan Tahanan Kasus Makar, Kapolres Tekankan Sejumlah Pesan Penting

Afrans

Cerita Seputar Home Industri Kapolres Berlanjut

Afrans

Sapu Bekai Foundation Serahkan Telur Paskah

Arafura News

Sambut Perayaan Paskah, Kader GIDI dan Baptis Gelar Berbagai Pertandingan

Tiara