Pasific Pos.com
Papua Selatan

Sambangi Kota Rusa, Ini Yang Dilakukan Panglima TNI Dan Kapolri

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, meninjau serbuan vaksinasi bagi masyarakat di Lapangan Kantor Bupati Merauke, Jumat (27/8/2021). Foto/Puspen

MERAUKE – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP dan Kapolri, Jenderal Pol.Drs.Listyo Sigit Prabowo, M.Si melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke, Jumat lalu dengan pengawalan dan prokes yang cukup ketat.

Pasalnya, ada beberapa agenda yang harus dilakukan kedua pejabat tinggi tersebut dalam waktu yang cukup singkat dan harus kembali bertolak ke Timika. Begitu tiba di Bandara Mopah sekitar pukul 12.30 WIT, rombongan langsung menuju halaman Kantor Bupati Merauke guna meninjau pelaksanaan vaksinasi masal yang tengah berlangsung.

Dangan ramah, Panglima dan Kapolri menyapa para nakes yang tengah memberikan vaksinasi dan warga yang hadir, baik dari masyarakat umum maupun kalangan pelajar. Kedatangan kedua figur tersebut sontak menjadi pusat perhatian warga yang sangat antusias melihat mereka dari dekat.

Panglima dan Kapolri memberikan apresiasi atas pelaksanaan vaksinasi tersebut yang memang tengah digencarkan selama masa pandemi. Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji, M.Hum Melalui Kabag Ops Polres Merauke AKP Micha P. Toding, SH, SIK beserta seluruh anggota TNI dan Polri melaksanakan pengamanan dan pengawalan kunker Panglima TNI, Kapolri dan Menpora di Kabupaten Merauke. Rombongan tiba dengan menggunakan pesawat khusus TNI AU dengan disambut tarian adat Papua.

Dalam kunjungannya, Kapolri dan Penglima juga mengecek kesiapan aplikasi Silacak dan inaRISK bertempat di Kantor Bupati untuk memastikan, apakah aplikasi tersebut sudah diterapkan oleh empat pilar, yaitu Babinsa, Bhabinkamtibmas, pihak kelurahan dan nakes. Kegiatan tersebut diikuti oleh 6 orang yakni perwakilan Babinsa 1 orang, Bhabinpotmar 1 orang, Bhabindirga 1 orang, Bhabinkamtibmas 1 orang, perwakilan Puskesmas 1 orang dan perwakilan kelurahan 1 orang.

Panglima TNI dan Kapolri langsung memberikan pertanyaan kepada setiap perwakilan dan dapat dijawab dengan baik. Kapolres Merauke juga turut mendampingi Panglima, Kapolri, Menpora dan Kapolda mengunjungi venue di Stadion Katapal usai pertemuan dengan unsur Forkopimda Kabupaten Merauke di Kantor Bupati.

Kapolres mengemukakan bahwa Stadion Katapal termasuk stadion yang cukup baik di wilayah Selatan Papua, tinggal dilakukan pembersihan dan penanaman pohon untuk penghijauan. Menyangkut pengamanan PON XX, TNI dan Polri telah siap. Gladi lapang pengamanan juga sudah dilaksanakan, begitu pula posko pengamanan. Jumlah personil yang dilibatkan kurang lebih 1.000 personil yang terdiri dari unsur TNI, Brimob dan Polri.

Sementara itu Kabag Ops Polres Merauke AKP Micha P. Toding, SH, SIK mengemukakan bahwa ratusan personil TNI dan Polri yang dilibatkan dalam pengamanan dan pengawalan Kunker Panglima TNI, Kapolri dan Menpora. Untuk pengawalan, Korlap dari Kasat lantas Polres Merauke dan bergabung dengan POM TNI. Tahapan kunker mulai dari kedatangan hingga keberangkatan sitkamtibmas aman dan kondusif.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Merauke, H.Riduwan, S.Sos, M.Pd saat ditemui wartawan mengemukakan bahwa Panglima dan Kapolri mengemukakan bahwa Kabupaten Merauke telah melakukan upaya-upaya yang cukup baik dalam penanganan Covid 19 dan diminta untuk terus ditingkatkan.

Dengan demikian pada saat pelaksanaan PON XX nanti semua tahapan dapat berjalan dengan lancar. Untuk penanganan Covid, bahkan jika Merauke membutuhkan tenaga tambahan akan langsung dikirim dari pusat. Tidak hanya itu, keamanan di perbatasan juga akan diperkuat. (Istya Sari Utami)

Artikel Terkait

Sharing Program, ICRC Bertemu Kapolres Merauke

Bams

Kembali Pertegas Pengamanan PON, Untung Sangaji:Masuk Di Area Saya Tanpa Status, Langsung Dikeluarkan

Arafura News

Berhasil Yakinkan Pemilik Tanah, Palang Dibuka

Afrans

Kapolres Presentasi Pembangunan Wisata Pantai

Afrans

Terobosan Baru Kapolres Merauke

Afrans

Komitmen Kapolres Dan Unsur Terkait Wujudkan Keamanan Paskah

Afrans

Bebaskan Tahanan Kasus Makar, Kapolres Tekankan Sejumlah Pesan Penting

Afrans

Cerita Seputar Home Industri Kapolres Berlanjut

Afrans