Pasific Pos.com
Papua Selatan

Kapolres Presentasi Pembangunan Wisata Pantai

304212
Kapolres saat mempresentasikan rencana pembangunan wisata pantai (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,- Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum mempresentasikan tentang rencana pembangunan wisata pantai di kawasan Pantai Lampu Satu yang menjadi salah satu program unggulan pihaknya selama bertugas di Kabupaten Merauke. Rencana tersebut ia sampaikan di hadapan pengurus BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Merauke yang beberapa waktu lalu menyambangi Polres Merauke untuk memberikan bantuan stiker VCO hasil olahan warga Papua binaan Kapolres. Menurut Kapolres, Pantai Lampu Satu dapat dibuat indah dan menarik jika dikelola dengan baik.

Oleh sebab itu hatinya tergerak untuk menyulap pantai tersebut menjadi salah satu kawasan wisata yang menarik dan akan ramai dikunjungi masyarakat. “Nantinya akan saya buat dermaga khusus di pantai sekitar 200 meter dan di kiri kanannya akan dibangun bungalo kecil untuk tempat bersantai pengunjung. Jet sky juga akan disiapkan bagi masyarakat yang ingin mencoba mengendarainya di laut. Jika nelayan ingin beristirahat juga dapat memanfaatkan fasilitas yang ada,”jelas Kapolres di ruang kerjanya.

Tidak hanya itu, akan dibangun juga taman khusus dengan kolam ikan serta sejumlah bungalo sebagai tempat untuk memasarkan aneka produk kerajinan dan olahan pangan masyarakat setempat. Tempat pemandian juga akan dibuat dan airnya akan disulap menjadi lebih jernih sehingga nyaman digunakan. Hal ini pernah ia lakukan di Sumatera Utara dimana ia sukses melakukan sterilisasi air daerah itu. Lebih lanjut Untung Sangaji mengungkapkan, tempat pemandian tersebut akan didesain khusus dengan ukuran tertentu sehingga dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Tempat wisata tersebut juga dapat dikunjungi pada malam hari, tentunya dengan diawasi ketat sehingga tetap aman, nyaman dan bersih. Tidak hanya sekedar membangun tempat wisata, warga pesisir juga akan dibantu untuk peningkatan taraf hidup dan ekonomi melalui karcis yang dibeli pengunjung setiap masuk area pantai. “Penghasilan yang diperoleh sekian persen akan menjawab kebutuhan orang miskin yang ada di wilayah tersebut, semua akan terjawab dengan apa yang saya akan buat dalam tata kelola manajemen ekonomi yang ada di kawasan tersebut,”ujar Untung Sangaji.

Ia menjelaskan, pandangan akan semakin nyaman karena bakal melihat pemandangan pantai yang indah, termasuk hutan mangrove yang harus selalu terjaga kelestariannya.

Sementara itu Herman Sulle selaku Ketua Bidang Investasi dan Kerja Sama HIPMI Merauke menyampaikan apresiasi atas gagasan brilian yang dicetuskan oleh sosok Kapolres Merauke itu dan pihaknya akan selalu siap mendukung. Menurut Herman, apa yang dilakukan oleh Kapolres adalah satu hal yang hebat dan luar biasa. HIPMI juga banyak memiliki ide yang bisa dikolaborasikan dengan harapan akan memberikan manfaat bagi banyak orang.

“Luar biasa gagasan Kapolres Merauke ini, bahkan baru sebatas ide saja, saya rasa sudah sangat hebat karena Kapolres juga memiliki segudang pengalaman,”jelas Herman.(Istya Sari Utami)**

Artikel Terkait

Kembali Pertegas Pengamanan PON, Untung Sangaji:Masuk Di Area Saya Tanpa Status, Langsung Dikeluarkan

Arafura News

Berhasil Yakinkan Pemilik Tanah, Palang Dibuka

Afrans

Terobosan Baru Kapolres Merauke

Afrans

Komitmen Kapolres Dan Unsur Terkait Wujudkan Keamanan Paskah

Afrans

Bebaskan Tahanan Kasus Makar, Kapolres Tekankan Sejumlah Pesan Penting

Afrans

Cerita Seputar Home Industri Kapolres Berlanjut

Afrans