Pasific Pos.com
HeadlineKriminal

Kantor Pemerintah Kabupaten Jayapura Kembali Dilahap Si Jago Merah

Nampak Gedung D saat dilahap si jago merah.

 

 

Sentani – Kantor Pemerintah Kabupaten Jayapura kembali dilahap si jago merah pada Minggu (29/10/2023). Kali ini, si jago merah melahap Gedung D yang merupakan kantor dari enam dinas. Gedung D sendiri berada di areal Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Kantor Bupati Jayapura, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H., ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

Kapolres mengatakan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 04.00 WIT dimana kobaran api pertama kali terlihat dari lantai tiga (3) gedung D.

“Kejadiannya itu sekitar jam empat. Saat itu api dari lantai bagian atas menyebar ke lantai bawah atau lantai satu sehingga menyebabkan semua bangunan habis terbakar,” ujar Kapolres.

Saat itu, kata Kapolres pihaknya telah melakukan upaya pemadaman menggunakan water cannon dan juga bantuan dari mobil Damkar, serta didukung dengan mobil-mobil suplai air.

“Kebetulan anggota kita yang piket malam ada 30 orang personil yang merespon peristiwa kebakaran itu. Namun kita agak terlambat karena terkendala di suplai air,” katanya.

Kapolres menyebut, ada enam OPD (dinas), yakni Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Pertanian), Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pariwisata, serta Dinas Lingkungan Hidup (LH) yang menempati gedung tersebut.

Sementara untuk penyebab pastinya, belum bisa diketahui. “Kita lagi tunggu labfor, mungkin tunggu api padam dulu baru kita bisa lihat,” kata Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan, sebelum peristiwa kebakaran di gedung D, juga sempat terjadi bunyi ledakan di gedung A.

“Setelah di respon, kita langsung padamkan api nya. Kita juga melakukan koordinasi dengan Polda Papua, untuk minta backup tim labfor dan investigasinya langsung dari Polda Papua,” jelas Kapolres.

Sebelumnya, kejadian yang sama terjadi di Kantor Pemerintah Kabupaten Jayapura. Sebanyak tiga kantor pemerintahan yang terdapat dalam satu gedung di Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Kantor Bupati Jayapura, Kabupaten Jayapura, Papua, ludes di lalap si jago merah pada Kamis 17 Agustus 2023 pagi sekitar pukul 06.00 WIT.

Kemudian, pada Jumat, 1 September 2023, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jayapura yang berada di areal Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Kantor Bupati Jayapura, Kabupaten Jayapura, Papua juga terbakar pada pukul 23.15 WIT.

Terakhir, pada Minggu, 29 Oktober 2023 sekitar pukul 04.00 WIT, enam kantor dinas yang berada dalam satu gedung tepatnya di Gedung D dalam areal Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Kantor Bupati Jayapura, kembali terbakar.

Jadi, kebakaran di Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Kantor Bupati Jayapura ini adalah yang ketiga kali dalam 3 bulan terakhir.

Sementara itu, Pj Bupati Jayapura dalam rilisnya yang diterima Pasificpos menyesalkan kejadian tersebut dan akan melakukan evaluasi terhadap model penjagaan yang selama ini ada di areal Gunung Merah.

“Terutama diluar aktifitas jam kantor, pengamanan harus lebih ketat. Bagi yang tidak berkepentingan dilarang berada dilingkungan Kantor Bupati, kecuali petugas jaga,” tegas Triwarno.

Pria yang pernah menjabat Pj Bupati Asmat ini juga mengharapkan kepada semua OPD, untuk mengatur keamanan kantornya masing – masing secara mandiri tanpa tergantung kepada penjagaan yang sudah ada.

“Supaya masalah seperti ini dapat diusut tuntas baik penyebab kebakaran dan pelakunya sehingga kejadian ini tidak terulang lagi,” pungkas Triwarno.

Artikel Terkait

Bersama Kapolres Jayapura dan Anggota DPRD, Tim Colo Sagu Tanam Cabai di Lahan PoktanĀ  Pelita Jaya Makmur

Jems

Ondoafi Dondai dukung Triwarno Purnomo Lanjutkan Jabatan Pj Bupati Jayapura

Jems

Bupati Triwarno Perintahkan Satpol PP Berkoordinasi dengan Bawaslu

Jems

41 Orang Asli Papua Diberikan Pelatihan Diksar Satpam, Bupati Triwarno: Saya Apresiasi Kegiatan ini

Jems

Bangkitkan Ekonomi Kreatif Melalui Barista Muda, Polres Jayapura Gelar Kompetisi Kopi

Jems

Kapolres Jayapura Ajak Caleg dan Parpol Wujudkan Pemilu Damai 2024

Jems

Wujudkan Pemilu Damai 2024, Polres Jayapura Bakal Gelar Diskusi “KoPi PemDa”

Jems

Buka Sosialisasi dan Bimtek Inovasi Daerah, Pj Bupati Jayapura Minta OPD Berinovasi

Jems

Oknum Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Mangkir dari Panggilan Polisi

Jems