Pasific Pos.com
Headline

HUT Pemprov Papua, Ini pesan Gubernur Lukas Enembe

Sambut PON XX 2021
Gubernur Papua Lukas Enembe.

JAYAPURA  – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengaku bersyukur atas raihan dan capaian yang dihasilkan Pemerintah Provinsi Papua bersama masyarakat pada tahun 2021.

Ungkapan rasa syukur Gubernur Lukas Enembe itu dalam rilisnya yang disampaikan Juru Bicara, M. Rifai Darus, SH, MH pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Papua ke-72.

Jubir Rifai menjelaskan, pertama Gubernur Lukas Enembe mengucapkan rasa syukur, sebab Papua mampu membuktikan kepada bangsa Indonesia dalam suksesnya menyelenggarakan PON XX dan Peparnas XVI 2021.

Kemudian kedua, Gubernur Lukas Enembe juga menyampaikan bahwa usia ke-72 Pemprov Papua adalah angka yang sudah sepatutnya menjadikan Papua sebagai daerah yang siap menyambut perubahan, terbuka akan inovasi dan dewasa dalam bersinergi.

Ketiga, Gubernur Lukas menyambut baik atas banyaknya masukan dari sejumlah elemen, hal itu menunjukan bahwa kepedulian dalam membangun Papua masih dalam koridor yang terang.

“Ini yang terpenting bahwa agar setiap orang yang memiliki niat membangun Papua janganlah membawa misi buruk atas nama kepentingan politik pragmatis yang hanya meracaukan harmoni yang sudah terbangun di Papua,” kata Enembe.

Selanjutnya, Gubernur Enembe juga mengajak seluruh anak-anak muda di Papua untuk dapat berkontribusi aktif dalam berbagai bidang.  Sebab, menurutnya bahwa banyak aspek yang harus dimajukan dan dikembangkan, terutama menyoal bidang teknologi dan inovasi.

“Gubernur ingin setiap anak-anak muda Papua mampu kokoh dan persisten dalam menghadapi tantangan, memenangkan persaingan demi meraih masa depan,” imbuh Rifai.

Kelima, Gubernur Lukas merasakan dampak dari perubahan sejumlah peraturan perundang-undangan yang mempersempit ruang gerak Pemprov Papua serta membatasinya.

Meskipun demikian, Gubernur mengajak seluruh elemen yang ada di Papua untuk memanfaatkan sebaik-baiknya anggaran yang tersedia guna mengakselerasi kemajuan dan pertumbuhan SDM di Papua.

“Jika ada limitisasi, kita harus mampu berinovasi, apabila tidak, maka kita akan terpuruk mundur lagi dan hanya menjadi daerah yang terus-terusan bertopang pada simpati,” terangnya.

Keenam, HUT Provinsi Papua ke-72 masih memiliki warna yang sama dengan misi Pemprov Papua kepemimpinan Lukas Enembe yakni untuk membawa Papua Bangkit.

“Gubernur berharap agar generasi yang akan datang senantiasa menengok era kita dan mensyukuri peran yang kita jalani hari ini. Bangkitlah Papua,” pungkas Rifai.

Artikel Terkait

Pemprov Jateng Bantu Pembangunan Masjid Raya Baiturrahim Jayapura

Bams

RIPPP Harus Berdasar Pada Pendekatan Kewilayahan

Bams

Pempus dan Pemprov Susun Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua Tahun 2022-2041

Bams

Yunus Wonda : Perhatian Pempus Hari Ini Lebih Pada Keamanan Papua, Bukan Persoalan Gonta Ganti Pejabat

Bams

DPR Papua Bersama TAPD Gelar Rapat Perdana Bahas APBD 2022

Bams

FPK Papua Bantah Bicara Politik

Bams

Forum Peduli Kemanusiaan dan Ketua Peradilan Adat Sentani Diminta Segera Minta Maaf

Bams

Lukas Enembe: Jangan Mau Diadu Domba Hanya untuk Kepentingan Politik

Bams

Gubernur Papua Deklarasi Capres 2024, “HOAX”

Bams