Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Harga Telur di Mimika Melonjak, Dinas Peternakan Dirikan Posko Telur

Harga Telur di Mimika Melonjak
Pedagang telur di Papua

Timika, – Harga bahan bahan makanan secara pasti mulai merangkak naik paska merebaknya penyebaran virus Corona.

Yang memprihatinkan saat ini telur satu rak di Timika dijual seharga 120.000. Bukan hanya harga yang naik bahkan disinyalir terjadi kelangkaan telur di pasaran sehingga dimanfaatkan oleh pedagang untuk mendapatkan keuntungan yang setinggi tingginya.

Untuk mengatasi hal ini Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Mimika Ir. Yosefin Sampelino mengambil langkah cepat dengan mendirikan posko pemantau dan penjualan telor.

Kadis menjelaskan bahwa produksi telur saat ini masih tetap normal yaitu berkisar 9 – 10 ton perhari, sehingga tetap mampu memenuhi kebutuhan telur di Kabuparen mimika. Diharapkan masyarakat tidak perlu kawatir akan terjadi kekurangan telur di Kabupaten Mimika.

“Hasil pertemuan dengan para peternak yang terhimpun dalam HIPUKAMI, tadi siang di Kantor Dinas Peternakan, diputuskan bahwa, dalam rangka menormalkan kembali harga telur di pasaran maka akan dilakukan langkah langka,” ujar Kadis.

Kadis menjabarkan beberapa kebijakan itu antara lain, produksi telur di Timika diutamakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kabupaten Mimika. Kemudian, penjualan telur di pasaran akan dikontrol oleh Pemerintah dengan membuat posko posko penjualan telur di 7 titik yang berlokasi di SP3, SP2, Gorong gorong, Budi Utomo di Ruko YJM, Budi Utomo Penjahit Sengkang, Pasar Sentral dan Sp4.

Kesepakatan ketiga adalah seluruh peternak ayam petelur, yang ada di Timika, wajib menjual telur di posko posko yang telah ditentukan. Masyarakat datang membeli telur di Posko dengan harga Normal Rp. 60.000 per rak.

“Jumlah telur yang wajib dijual oleh para peternak di posko sebesar 50% dari produksi masing masing peternak,” ujar Kadis.

Dikatakannya pula waktu penjualan di Posko tersebut diperkirakan 1- 2 bulan kedepan, atau sampai kondisi telah normal kembali. (Pieter)

Artikel Terkait

Polisi Kembali Periksa 11 Saksi, Kasus Video Mesum Timika

Ridwan

Bupati Mimika Diperiksa Polisi Prihal Kasus Video Mesum

Ridwan

Mimika, Intan Jaya dan Nduga Masih Jadi Atensi Polda Papua

Ridwan

Stok Bahan Pangan di Provinsi Papua Cukup Hingga 2 Bulan Ke Depan.

Fani

Atlet dan KONI Papua Sumbang Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Bams

Komisi II DPR Papua Berharap Ada OAP Yang Jadi Distributor

Tiara

Kapolresta : Penyaluran Sembako Tidak Tepat Sasaran akan Bedampak Negatif

Ridwan

KKB Tembak Satu Warga Sipil di Timika

Ridwan

Pegawai OJK Bagikan Ratusan Paket Bapok dan APD

Zulkifli