Pasific Pos.com
Info Papua Kabupaten Jayapura

Halal Bihalal Forum SOPAN Bersama Pemda Digelar 28 Mei, Ganefo: Dirangkai Sosialisasi KMAN VI

Ketua Panitia Pelaksana Halal Bihalal BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura, Ganefo, S.P., didampingi Koordinator Dokumentasi dan Publikasi Gustaf Griapon, S.T., saat gelar konferensi pers, di Media Center Kabupaten Jayapura, Rabu 25 Mei 2022

SENTANI – Badan Pengurus Daerah (BPD) Forum Solidaritas Paguyuban Nusantara (SOPAN) Kabupaten Jayapura akan menggelar acara Halal Bihalal yang akan dilaksanakan pada Sabtu 28 Mei 2022 di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Halal Bihalal BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura ini bersama Pemerintah Daerah, TNI-Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda se- Kabupaten Jayapura, yang dirangkai dengan Pelepasan Calon Jamaah Haji Kabupaten Jayapura Tahun 2022 oleh Bupati Jayapura dan sosialisasi kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Ketua Panitia Pelaksana Halal Bihalal Forum SOPAN Kabupaten Jayapura, Ganefo, S.P., dalam konferensi persnya, ia mengatakan bahwa dalam Halal Bihalal ini nantinya bersama Pemerintah Daerah, TNI-Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda yang dilaksanakan di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura pada Sabtu 28 Mei 2022 mendatang.

Kemudian, yang akan membawakan tausiah adalah Ketua PBNU Provinsi Papua yang juga Anggota MRP Pokja Agama Dr. H. Toni Wanggai.

“Kami seluruh paguyuban yang ada di wilayah Tabi yakni, Kota Jayapura, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura akan menghadiri kegiatan tersebut. Serta, diperkirakan kurang lebih ada 1.000 orang juga ikut hadir dalam acara Halal Bihalal,” tegas Ganefo.

Lanjutnya, kegiatan Halal Bihalal ini bertujuan untuk membangun solidaritas keberagaman menuju Papua damai dan sejahtera.

“Jadi, dalam acara yang akan kami laksanakan ini tidak ada unsur politiknya. Kemudian, kegiatan ini juga akan dirangkai dengan kegiatan pelepasan calon jamaah haji Kabupaten Jayapura tahun 2022 sebanyak 31 orang,” jelasnya.

Selain pelepasan calon jamaah haji, kata mantan Kepala Distrik Depapre ini juga menyampaikan, Bupati Jayapura selaku Ketua Forum Kepala Daerah se-Tanah Tabi akan melakukan sosialisasi kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI Tahun 2022 di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

“Dalam kegiatan ini, bapa Bupati Jayapura juga sebagai Ketua Forum Kepala Daerah se-Tanah Tabi akan mensosialisasikan terkait pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI tahun 2022. Jadi, kami padukan dengan kegiatan ini agar sebagai paguyuban ini yang akan menopang kegiatan kongres tersebut. Karena pelaksanaan kongres ini akan dihadiri ribuan tokoh-tokoh adat yang ada di seluruh, apalagi kami dari paguyuban juga ada di dalam bagian ini,” imbuh Ganefo.

Ganefo menyebutkan, bahwa di dalam acara Halal Bihalal BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura. Kali ini juga dilaksanakan pelepasan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Jayapura Tahun 2022 dan sosialisasi kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI tahun 2022 di Kabupaten Jayapura. Serta, akan dihibur dengan penampilan dari Trio D’Uzzy pada tanggal 28 Mei 2022 di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

“Kami berharap dengan acara Halal Bihalal BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura, pelepasan calon jamaah haji asal Kabupaten Jayapura dan sosialisasi pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI tahun 2022 ini, dapat berjalan lancar, aman dan sukses,” ucap Ganefo didampingi Koordinator Dokumentasi dan Publikasi Gustaf Griapon saat gelar konferensi pers di Media Center Kabupaten Jayapura, Kompleks Perkantoran Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu 25 Mei 2022.

Lanjut ditambahkan pria yang juga Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura ini, bahwa dari keseluruhan acara pelepasan calon jamaah haji dan sosialisasi pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke-VI tahun 2022, nantinya di kemas dalam Halal Bihalal BPD Forum SOPAN Kabupaten Jayapura bersama Pemerintah Daerah, TNI-Polri Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda se-Kabupaten Jayapura itu, yang juga dilaksanakan di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.