Pasific Pos.com
Papua Tengah

8 Pasien Covid Dinyatakan Sembuh Dan Kembali Ke Keluarga

Pasien Covid nabire

NABIRE – Bupati Kabupaten Nabire, Isaias Douw, S.Sos., MAP didampingi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Nabire, seluruh Gugus Tugas Covid-19, dan tim medis RSUD Nabire mengembalikan 8 pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh kepada keluarga dan masyarakat.

“Puji Tuhan, tanggal 15 Mei 2020 lalu, kita sudah kembalikan satu pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 kepada keluarga. Hari ini, kita kembalikan 8 pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh kepada keluarga dan masyarakat. Jadi, totalnya, 9 pasien sudah sembuh di Kabupaten Nabire. Saya berharap dan meminta agar kita doakan 10 pasien yang masih dirawat di RSUD supaya segera sembuh juga,” ujar Bupati di RSUD Nabire Jumat (29/5).

Dikatakan Isaias, 10 orang yang dirawat terdiri dari 5 pasien masih postif Covid-19 dan 5 pasien adalah mereka yang hasil swab pertama negatif.

“Kita harapkan agar pada pemeriksaan berikutnya, 5 pasien positif menjadi negatif dan 5 pasien negatif menjadi sembuh total. Karena 5 yang negatif ini harus periksa lagi tahap kedua setelah 14 hari. Jadi kalau mereka negatif lagi maka sembuh total dan kita kembalikan ke keluarga lagi. Kemudian, 5 yang postif ini kalau pemeriksaan berikutnya negatif maka mereka harus periksa lagi tahap kedua,” kata Bupati.

“Atas kerja keras dan pelayanannya yang baik selama ini, secara khusus saya mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh tim gugus tugas, terutama tim medis yang sudah melayani dengan hati. Tuhan akan membalas semua pelayanan tim medis,” kata Bupati Isaias.

Bupati Isaias berpesan, agar seluruh masyarakat Nabire dan Meepago satukan hati, saling mendukung dan memohon kepada Tuhan lewat doa agar mereka yang sakit ini sembuh cepat dan Nabire bebas dari Covid-19. Ikuti himbauan dan edaran pemerintah, jangan mudah diterpancing atau terprovokasi dengan informasi tidak benar yang disebarkan di Facebook dan WhatsApp. Ini masalah kemanusiaan, mari kita mendukung seluruh gugus tugas yang bekerja siang dan malam. Kita semua inginkan agar Nabire dan Meepago segera bebas dari Covid-19 dan aktivitas masyarakat normal kembali.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nabire, dr. Frans Sayori secara rinci menjelaskan bahwa, tanggal 15 Mei 2020, kami telah mengirimkan 41 sampel swab yang terdiri dari 30 dari Nabire dan 11 dari kabupaten Intan Jaya ke Litbangkes Provinsi Papua. Hasilnya, 36 dinyalakan negatif termasuk di dalamnya 11 dari Intan Jaya dan 5 positif. Lima yang postif ini terdiri dari 4 pasien positif lama dan 1 pasien positif baru.

“Secara komulatif atau total Covid-19 Kabupaten Nabire hingga tanggal 29 Mei 2020 adalah 19 kasus, sebelumnya 18 ditambah satu pasien baru. Dari 19 kasus komulatif ini, yang sembuh 9 orang dan 10 masih dirawat di RSUD Nabire. Sebanyak 10 pasien ini terdiri dari 5 pasien masih postif dan 5 pasien telah negatif sehingga menunggu swab kedua minggu depan. Kemudian, ODP kita berjumlah 16 orang dan PDP 0,” ujar Sayori

Dijelaskan Sayori, hingga saat ini tim gugus telah melakukan rapit test sebanyak 1673 orang dan 3900 orang akan dilakukan minggu depan.

“Kami sedang bekerja keras memutus mata rantai covid-19. Mari kita selalu patuhi himbauan pemerintah, jaga jarak, cuci tangan, jaga imun tubuh dan tingkatkan iman kita,” ajak doker Sayori.

“Kami mohon, masyarakat Nabire terima mereka yang sudah sembuh, kita berikan dukungan. Mereka ini sudah sembuh dan tetap akan ikuti himbauan kami, jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan. Kita harus bersatu, saling mendukung dan percaya bahwa Covid-19 bisa kita brantas. Dokter dan rumah sakit adalah banteng terakhir, benteng pertama pribadi kita masing-masing. Mari kita ikuti himbauan pemerintah, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan tetap di rumah,” harap dokter Sayori.

Artikel Terkait

Jurnalis Papua Jadi Agen Perubahan Cegah Covid-19

Bams

Hotel Sahid Jadi Rumah Sakit Rujukan

Bams

Motivasi Warga Hidup sehat, Pemprov Papua Siapkan Hadiah

Bams

Pemprov Papua Izinkan Sekolah Dibuka

Bams

Ini Kedua Kalinya Perpani Papua Berikan Bantuan Kepada Pasien Terdampak Covid-19

Tiara

Kehabisan Anggaran Walikota Jayapura Hentikan Rapid Test Massal

Fani

1.253 Pasien Corona di Papua Sembuh

Bams

Kemenkum HAM Papua Mengaku Belum Ada Pegawai dan Warga Binaan Terpapar Covid-19

Tiara

Atlet PON Papua Bebas dari Corona

Bams