Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Peringati Hari Lahir Pancasila, Korem 172/PWY Gelar Dialog Interaktif

Peringati Hari Lahir Pancasila

Jayapura -Pancasila sebagai Ideologi negara (staatsidee) yang merupakan dasar negara atau sering disebut juga dengan dasar falsafah negara ( philosophische grondslag), dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang harus terus dijaga dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu Korem 172/Praja Wira Yakthi dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2020, menggelar dialog interaktif yang disiarkan langsung oleh RRI Jayapura dengan mengangkat tema “Papua Pancasila Dalam Bingkai NKRI” yang dilaksanakan di Korem 172/PWY Padangbulan Abepura, Jumat (29/05).

“Tentunya sesuai dengan arahan Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih, kita on air di RRI Jayapura supaya masyarakat dapat lebih memahami nilai-nilai Pancasila dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, karena Pancasila merupakan Ideologi yang sudah sesuai dengan, kepribadian bangsa kita khususnya di Papua ini”, terang Danrem Kol. Izak Pangemanan.

Musyawarah untuk mufakat adalah salah satu nilai yang terkandung dalam sila Pancasila, yang tetunya sudah sangat sesuai dengan adat dan budaya yang ada di Papua. Kita tau bahwa Obey atau yang kita kenal sebagai pendopo di Jawa, adalah merupakan tempat yang di gunakan untuk musyawarah oleh masyarakat adat di Jayapura dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga dapat mencapai mufakat bersama.

Oleh karena itu, narasumber yang hadir dalam dialog tersebut adalah tokoh masyarakat dan tokoh adat bapak Herman Yoku salah satu anggota MRP (Majelis Rakyat Papua) dan tokoh pemuda ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Prov. Papua bung Ali Kibay Wanggai, sementara dari Korem 172/PWY hadir Kasiter Korem Letkol Inf Daniel P. Manalu, S.H., Kapenrem 172 Mayor Chk Eka Yudha Kurniawan, S.H., dan Kapten Kav Roland Junaidi.

Artikel Terkait

Pembentangan Merah Putih Di Jembatan Merah Menyatukan Seluruh Elemen Masyarakat

Fani

Meriahkan HUT RI ke 75 Bersama Anak Anak Di Pesisir Danau Sentani

Fani

Danrem 172/PWY : Hapus Luka Lama Dengan Saling Memaafkan

Fani

Masyarakat Pendatang Diminta Berperan Aktif Dalam Penyelesaian Konflik Papua

Fani

Putra Terbaik Port Numbay Jabat Dandim 1715/Yahukimo

Fani

Tingkatkan Ketahanan Pangan Danrem 172/PWY Jalin Kordinasi Dengan Bulog

Fani

Danrem 172/PWY : Pahami Konflik Papua

Fani

Korem 172/PWY Musnahkan Miras Dan Ganja Hasil Sitaan

Fani

Danrem 172/PWY : Kehadiran Satuan Pengaman Bandara Guna Memberi Rasa Aman Bagi Penerbangan

Fani