Pasific Pos.com
Kota Jayapura

15 Hari Ke Depan, Polresta Gelar Operasi Bina Kusuma Matoa 2020

Operasi Bina Kusuma Matoa 2020
Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas saat memimpin Latihan Pra Operasi Bina Kusuma Matoa 2020

JAYAPURA – Demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Kepolisian Polresta Jayapura akan menggelar operasi “Bina Kusuma Matoa 2020”. Operasi yang dimulai sejak tanggal 15 Mei sampai dengan 29 Mei 2020 mendatang ini akan menyasar pada aksi premanisme, street crime dan kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas dan meresahkan masyarakat.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas penyampaiannya didalam Latihan Pra Operasi Bina Kusuma Matoa 2020 meminta agar anggota yang telibat untuk mengedepankan upaya pencegahan atau preventif serta upaya pendekatan seusai wilayah yang dipetakan oleh intelejen.

“tujuan pelaksanaan Bina Kusuma adalah untuk pencegahan terhadap premanisme dan kegiatan lainnya yang meresahkan masyarakat, namun dengan motode baru ini makan dirapakan ada upaya pendekatan supaya mereka oknum atau pelaku yang sering melakukan kejahatan atau aksi premanisma untuk tidak lagi melakukan aksi yang meresahkan,” terangya.

Dirinya pun menjelaskan untuk personil yang terlibat sebanyak 40 perosnil yang di bagi tiga Tim yang dipimpin oleh Kasat Binmas selaku Kasatgas Bina Kusuma Matoa 2020 Polresta Jayapura Kota.

“Pertim kami taruh 10 hingga 15 personil yang terlibat dalam opresai ini, dan diharapkan dapat dapat bekerja maskimal,” cetusnya.
Selain premanisme, Kapolres pun menegaskan untuk personil yang terlibat dalam operasi Bina Kusuma untuk melakukan penindakan terhadap oknum yang mabuk di muka umum.

“Mabuk dimuka umum juga kami akan tidak, selain meresahkan warga, oknum-oknum itu juga juga dapat melakukan aksi kriminalitas sepeti aksi premanisme,” ujarnya.

Sementara itu Kasatgas Operasi Bina Kusuma Polresta Jayapura Kota, AKP Piter Kendek menjelaskan untk metode operasi bina kusuma yang sebelumnya melakukan sosialisasi untuk mengumpulkan warga, namun disaat pendemik ini maka progesnya yakni dari rumah ke rumah.

Artikel Terkait

Operasi Patuh Matoa, 38 Pengendara Motor Kena Tilang

Ridwan

Hut OPM, Polresta Libatkan Ratusan Personil Lakukan Patroli

Ridwan

Jelang HUT Bhayangkara, Polresta Datangi Rumah Ondoafi dan Berikan Sembako

Ridwan

Tahanan Polresta Yang Dinyatakan PDP Meninggal Dunia

Fani

Empat Tahanan Polresta Yang Tepapar Covid-19 Kabur dari Ruang Isolasi

Ridwan

Tujuh Hari, Polresta Bagikan Ribuan Paket Makanan Siap Saji Bagi Warga

Ridwan

Kapolresta : Penyaluran Sembako Tidak Tepat Sasaran akan Bedampak Negatif

Ridwan

Kapolresta Kembali Tegaskan Agar Patuhi Pemberlakukan Jam Aktivitas

Ridwan

Ojek Online Kota Jayapura Dapat Bantuan Dari Polresta

Ridwan