Pasific Pos.com
Headline

Wagub: Jangan Ragu Dengan Papua, Venue PON Selesai Tepat Waktu

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal

JAYAPURA,– Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal optimis pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di tiga klaster penyelenggara akan selesai pada bulan Juli mendatang.

Penegasan itu disampaikan Klemen Tinal usai melantik kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Provinsi, Jumat (6/3/2020).

“Jangan ragu dengan Papua, kita harus optimis, pembangunan venue PON di Mimika, Merauke maupun di Kota dan Kabupaten Jayapura akan selesai seratus persen bulan Juli mendatang,” katanya.

Klemen menyebutkan, pembangunan venue PON dibangun dengan menggunakan anggaran APBD Papua maupun APBN.

“Kami memastikan progres dari persiapan venue rata-rata sudah 80 persen dan pembangunan sedang berjalan terus,” katanya.

Meskipun saat ini sedang dalam tahap pembangunan, Klemen meyakinkan bahwa target penyelesaian pembangunan tak akan lama lagi.

Dimana, venue yang bersumber dari APBD Papua bakal selesai pada bulan Maret ini atau April, sementara venue yang dibiayai APBN akan selesai pada Juli mendatang.

Klemen menambahkan, untuk mendukung pelaksanaan PON di Papua, Pemerintah Provinsi Papua menganggarkan Rp 2 triliun, dan bantuan Kementerian Pemuda dan Olahraga sebesar Rp 500 Miliar.

“kita juga ada minta bantuan kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas beberapa bulan lalu sebesar Rp 2,3 triliun,” bebernya.

Disinggung anggaran pelelangan peralatan, Klemen menyatakan, anggarannya sudah ada di PB PON Papua. Namun demikian, proses pengadaan peralatan PB PON Papua akan dikawal oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

“Karna anggaran di PB PON dalam bentuk dana hibah, maka mereka akan dikawal oleh LKPP,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Hasil Tes Covid-19, Atlet PON Papua Semua Negatif

Bams

Surati Presiden, Gubernur Minta Pertimbangan PON 2020

Bams

Wagub: Penundaan PON Tergantung Negara

Bams

PON XX, Papua Terancam Kehilangan Medali Emas Binaraga

Bams

PB PON Tidak Punya Kewenangan Untuk Batalkan PON

Tiara

Edo Kaize : Cegah Corona Lebih Penting Dari Pada PON

Tiara

PB PON Siap Jika Pelaksanaan PON 2020 Harus Diundur

Tiara

PASI Papua Tetapkan Formasi Inti Atlet PON

Bams

Atlet Binaraga Papua Kesulitan Dapatkan Tempat Latihan

Bams