Pasific Pos.com
Headline Nasional

Varian Baru Covid Baru Lebih Ganas, Menkes Ingatkan Warga Papua di Perbatasan PNG

Kunjungan-Kerja-Menkes

Jayapura – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada beberapa bukti yang memperkuat dugaan bahwa varian Covid-19 baru yang pertama kali diidentifikasi di Brasil dan Afrika Selatan bisa lebih mematikan daripada jenis aslinya dari Wuhan China.

Untuk itu, Menkes Budi meminta Pemerintah Papua, untuk bersama-sana menjaga agar tidak masuk, sebab ciri-ciri varian baru penularannya lebih cepat.

“Jadi sampai saat ini kami masih waspada terhadap daerah-daerah yang kasusnya tinggi seperti, India, Afrika, Filipin dan Papua Nugini. Jadi teman-teman jangan sering-sering nyebrang ke perbatasan, karena virus ini ganas,” ungkap Menkes kepada pers disela-sela kunjungan sehari di Jayapura, Selasa, 14 Maret 2021.

Meskipun demikian ia akui, ada sedikit penurunan untuk virus varian baru yang asalnya dari Afrika Selatan dan Brasil, tapi tetap masih efektif.

“Syukurnya varian baru itu belum teridentivikasi di Indonesia. Yang baru masuk varian baru dari Inggris,” jelasnya.

Terkait dengan Vaksinasi Covid di Papua, kata Menkes pihaknya selalu monitor setiap vaknisasi yang dilakukan di masing-masing provinsi.

Menurutnya, untuk Papua sudah 163,100 yang dikasih, dan 86.400 yang sudah disuntikan dosis pertama serta 25.600 di dosis kedua. Dengan demikian masih tersisa stok 50 ribu, sehingga masih bisa terpakai hingga 30 hari ke depan.

“Rencananya kami akan kirim lagi di minggu ketiga April 2021. Jadi teman-teman tidak perlu kuatir terkait ketersediaan vaksin,” katanya.

Ia akui memang ada keterbatasan vaksin di bulan April karena suplay isu (kasus di India tinggi) sehingga vaksin tidak boleh keluar dari sana, makanya kami lebih fokus ke lansia.

“Kenapa lansia? karena mereka kalau terpapar kemungkinan vatalitasnya tinggi, bisa 4 kali lipat lebih lemah dibandingkan rata-rata,” ujarnya.

Artikel Terkait

Panglima TNI Berikan Bantuan Tabung Oksigen dan Ribuan Alkes Pada Masyarakat Papua

Jems

Pekan Vaksinasi Covid-19 Menuju PON XX Papua

Bams

RSUD Jayapura Produksi Oksigen Medis

Bams

Jelang PON, Papua Tutup Akses Udara dan Laut

Bams

Kasus Covid-19 Meningkat, Papua Pertimbangkan Lockdown

Bams

Menteri Tjahjo Imbau ASN Proaktif Mempercepat Penanganan Pandemi

Bams

Atlet Positif Covid-19, Koni Papua Berhati-Hati Kirim Atlet Try Out

Bams

Pelaku Pemerkosaan Anak Dibawah Umur dihadiahi Timah Panas

Afrans

Antisipasi COVID-19, Papua Perketat jalur Perbatasan RI-PNG

Afrans