Pasific Pos.com
Headline Info Papua

Rumah Sakit Sekelas RSCM Jakarta di Bangun di Papua

IGD-Jayapura

Jayapura – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pemerintah akan membangun rumah sakit (RS) sekelas Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jayapura, Papua.

Menkes mengatakan, pembangunan RS di Koya, Kota Jayapura rencananya dibangun dalam waktu dekat. Dengan begitu, RS baru ini untuk pengembangan dokter ahli di Papua. Sebab, saat ini jumlah dokter ahli di wilayah Papua masih sangat minim.RSCM

“Karena ini vertikal dibawah Kemenkes, jadi saya bisa memerintahkan Dokter ahli ke sini supaya mengajar teman-teman dokter di Papua, agar lebih cepat lagi ahlinya dan menyebar ke daerah lain di Papua,” kata Menkes dalam kunjungannya, Selasa di Jayapura.

Lanjutnya, kehadiran RS Vertikal ini nantinya juga bukan untuk menyaingi RSUD yang ada di wilayah Papua. Namun untuk mempercepat proses transfer pengetahuan dokter ahli.

“Karena dokter itu, ilmu yang harus dipraktekkan dengan contoh. Jadi tidak hanya belajar di kelas saja, melainkan harus ada mentoring dan itu belajarnya harus dengan yang ahli,” tambah Menkes.

Ia pun menyatakan akan menempatkan Direktur terbaik beserta orang-orangnya untuk menempati RS Vertikal itu, sehinga nantinya bisa menjadi mentor yang baik bagi dokter di Papua.

“Dengan begitu harapan kedepannya lahir dokter ahli di Papua dengan kemampuan yang tinggi dan bisa terkespos ke seluruh daerah di Indonesia,” tutupnya.