Pasific Pos.com
Info Papua

Tolikara dan Pegunungan Bintang Jadi Daerah Baru Penyebaran Covid-19

120 Orang Asli Papua Terinfeksi Virus Corona
Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, S. Sumule

JAYAPURA – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Papua mengumumkan data terkini kasus virus Corona (Covid-19) di wilayahnya sampai per Selasa, 14 Juni 2020. Kasus positif sudah mencapai 2353 kasus.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule menjelaskan dari jumlah 2353 kasus, 1172 saat ini dalam perawatan dan 22 orang di antaranya meninggal dunia.

Dia mengatakan, hari ini terdapat dua kabupaten baru penyebaran virus corona di Papua, yakni Kabupaten Tolikara dan Pegunungan Bintang.

‘’Hari ini ada penambahan sebanyak 61 kasus baru, berasal dari Kota Jayapura sebanyak 47 orang, Kab. Jayapura 4 orang Mimika 1 orang, Keerom 1 orang, Tolikara 4 orang, Pegunungan Bintang 1 orang dan Supiori 3 orang,’’ ungkapnya dalam keterangan pers, Selasa malam.

Dengan adanya penambahan dua kabupaten tersebut, maka jumlah kabupaten dan kota di Papua yang terpapar Corona menjadi 19 daerah. Jika dirinci yaitu Kota Jayapura, Mimika, Kabupaten Jayapura, Biak, Keerom, Jayawijaya, Nabire, Boven Digoel, Merauke, Kab. Kepulauan Yapen, Sarmi, Supiori, Mamberamo Tengah, Yalimo, Waropen, Puncak Jaya dan Lanny Jaya.

Penambahan dua daerah baru ini, Sumule meminta pemerintah daerah setempat untuk melakukan pemantauan secara ketat. Pengawasan ini yaitu memantau pergerakan orang melalui jalur udara dan darat guna menghindari penyebaran virus ini.

Ia menambahkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) per Selasa malam sudah mencapai 2861 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 255 orang, serta sudah melakukan pemeriksaan PCR/TCM sebanyak 19.703 sampel,” tuturnya.

Artikel Terkait

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans

Tindak Lanjuti Inpres No.6, Pemda Waropen Gelar Rapat Internal

Afrans

Alami Defisit, Proyek Besar di Papua Ditunda

Bams

Pemuda Papua Jadi Agen Perubahan Covid-19

Bams

Kantor Pemerintahan di Papua Harus Bebas Dari Covid-19

Bams