Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Tidak Ada Penambahan Kasus Baru, Kumulatif Kasus Covid di Mimika Tetap 272

Kasus Covid di Mimika
Papan informasi perkembangan Covid-19 di Mimika (Foto: Istimewa)

Timika, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Mimika, Senin (1/6) merilis tidak adanya penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19, yang mana sebanyak 270 spesimen masih dalam pemeriksaan laboratorium.

Sama halnya dengan pasien yang dinyatakan sembuh maupun yang meninggal, sehingga jumlah kasus yang terkonfirmasi hingga hari ini masih berjumlah 272 kasus. Kendati demikian, dirinya berharap pasien yang dirawat kiranya bisa sembuh dan tidak ada kematian.

“Kami belum menerima laporan kasus baru dari 270 spesimen laboratorium yang masih dalam proses pemeriksaan. sehingga kumulatif kasus Covid19 masih sama dengan kemarin yaitu 272 kasus dengan kasus yang sedang dirawat atau isolasi berjumlah 174 kasus,” kata Jubir Covid-19 Reynold Ubra melalui pesan singkatnya, Senin (1/6).

Ia menjelaskan, saat ini sebanyak 174 kasus yang saat ini masih ditangani pihak medis, kebanyakan ditangani di RSUD Mimika berjumlah 109 orang, disusul RS Tembagapura yang menangani 61 orang dan 4 orang ditangani di RS Mitra Masyarakat. Artinya sebanyak 61% pasien ditangani oleh pihak RSUD Mimika

“Sebagaimana diketahui, 174 kasus yang masih dirawat, Rumah Sakit, baik RSUD, RS Tembagapura, dan RSMM,” jelasnya.

Akibat pergerakan masyarakat masih terus berlangsung dari pukul 06.00 WIT hingga pukul 14.00 WIT terdapat penambahan OTG baru yang memilih kontak erat dengan pasien berjumlah 51 orang sehingga jumlah keseluruhan OTG berjumlah 633 orang.

Begitu juga dengan ODP setelah dilakukan penelusuran pihak medis menemukan sebanyak 26 ODP, sehingga total ODP berjumlah 741 orang setelah adanya pergerakan masyarakat dari pukul 06.00 WIT hingga pukul 14.00 WIT dan tidak mematuhi protokol kesehatan yakni jaga jarak, gunakan masker, mencuci tangan.

Bertambahnya OTG baru yang memiliki kontak erat dengan pasien covid19 yaitu 51 orang hasil kontak tracing sehingga menambah jumlah OTG hari ini naik menjadi 633 orang, dan ODP baru sebanyak 26 orang,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan adanya peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi maupun yang dalam pemeriksaan, tentunya dibutuhkan kerjasama dan dukungan masyarakat Mimika agar tetap tinggal di rumah serta tidak melakukan pergerakan dari pukul 06.00 WIT hingga pukul 14.00 WIT.

“Dengan gambaran seperti ini kami sangat berharap dukungan dan kerjasama masyarakat,” harapnya. (Ricky)

Artikel Terkait

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans

Tindak Lanjuti Inpres No.6, Pemda Waropen Gelar Rapat Internal

Afrans

Alami Defisit, Proyek Besar di Papua Ditunda

Bams

Pemuda Papua Jadi Agen Perubahan Covid-19

Bams

Kantor Pemerintahan di Papua Harus Bebas Dari Covid-19

Bams