Pasific Pos.com
Headline

Ratusan Masyarakat Menyaksikan Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Tahun 2024

Jayapura –  Ratusan masyarakat Kota Jayapura turut menyaksikan Kegiatan pelaksanaan Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Periode 2024 – 2029, yang diseleggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, yang berlangsung di halaman Apel Kantor Gubernur Papua, Dok II Jayapura, Sabtu 25 Mei 2024, malam.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan tahapan pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024.

Nampak hadir dalam kegiatan itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) , Afifuddi, Asisten I Bidang Hukum dan Pemerintahan, Yohanis Walilo yang mewakili Pemprov Papua, serta para Ketua KPU dari enam provinsi yang ada di Tanah Papua, dan Ketua MRP se Tanah Papua, Partai Politik, Stakeholder dan juga ratusan masyarakat Kota Jayapura.

Peluncuran ini diwarnai dengan pesta kembang api sekaligus peluncuran Maskot Pilkada 2024 Katura atau Kakatua Raja. Selain itu, para tamu undangan dan masyarakat Kota Jayapura juga dihibur oleh sejumlah penyanyi lokal yang tengah buming di Bumi Cendrawasih ini.

Dalam sambutan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) , Afifuddin mengatakan, jika Pilkada dilaksanakan setelah dilakukan tahapan sebagaimana tahapan pemilihan yang sudah ditentukan. Dimana saat ini telah masuk pada tahapan pemcalonan perorangan atau independent.

Setelah itu lanjut Afifuddin, nantinya akan masuk pada tahap pencalonan yang diusung oleh Partai Politik (Parpol) dengan masuk pada tahapan kampanye.

“Jadi, ini adalah bagian dari informasih yang kita sampaikan ke publik bahwa Pilkada sudah siap digelar oleh KPU,” tandas Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) , Afifuddin kepada sejumlah wartawan disela sela kegiatan Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Periode 2024 – 2029, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu 25 Mei 2024, semalam.

Hanya saja tandas Afifuddin, sesuai dengan pernyataan Ketua KPU RI terkait aturan bagi ASN, TNI Polri dan Anggota Legislatif yang terpilih, mereka wajib mundur dari jabatan sebelumnya bagi yang akan ikut berkontestasi dalam Pilkada pada 27 November 2024, mendatang.

“PKPU pencalonan sudah ada yang di konsultasikan. Tinggal kita bahas dalam forum harominisasi bersama Kementerian Hukum dan HAM serta jajaran pemerintahan lainnya. Rencananya akan dibahas tanggal 28 – 29 Mei ini,” jelasnya.

Setelah itu kata Afifuddin, nanti akan ada debat dari apa yang menjadi kesepakatan dan juga keputusan dari forum harmonisasi.

“Jadi itu yang nanti akan jadi pedoman kita,” imbuhnya.

Hal senada dikatakan, Ketua KPU Papua, Steve Dumbon, jika KPU saat ini sudah memasuki tahapan Pilkada.

“Setelah proses Pemilu yang baru dilaksanakan pada 14 Februari 2024, lalu, tahapannya ini masih sedang proses gugatan di Mahkamah Konstitus (MK), ” terangnya.

Untuk itu, melalui peluncuran ini pihaknya mengajak seluruh masyarakat Papua untuk ikut menjaga keamanan Tanah Papua.

Tak hanya itu, seluruh masyarakat juga diminta dapat membantu dalam proses tahapan Pilkada ini.

” Sehingga pada tanggal 27 November 2024 nanti, kita akan memilih pemimpin pemimpin kita di Papua. Baik Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati,” tuturnya

Kendati demikian, Steve Dumbon berharap, Pemilihan Kepala Daerah yang dilaksanakan secara Serentak tahun 2024 ini, dapat berjalan sesuai dengan pilihan dan keinginan rakyat. Bahkan juga sesuai dengan pilihan Tuhan.

Sekedar diketahui, pelaksaan Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tahun 2024 ini, juga serentak dilakukan di seluruh provinsi dan Kabupaten/Kota se – Indonesia. (Tiara).