Pasific Pos.com
Papua Selatan

Prajurit Satgas Dapat Pembekalan Dari Instansi Terkait

Sejumlah instansi terkait berfoto bersama usai pembekalan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-SKIPM Merauke belum lama ini memberikan pembekalan kepada Satgas Pamtas Batalyon Infantri 122/Tombak Sakti dan Batalyon Mekanis 611/Awang Long yang baru tiba di Merauke tanggal 2 Februari 2021 lalu dipusatkan di Makorem 174/ATW. Para prajurit tersebut akan bertugas menjaga kedaulatan Negara RI di perbatasan Kabupaten Merauke. Beberapa instansi yang hadir dalam pembekalan tersebut yaitu Customs, Immigration, Quarantine (CIQ) yang di dalamnya terdiri dari Stasiun KIPM Merauke, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Merauke, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Merauke, Bea dan Cukai Merauke dan Imigrasi Kelas II TPI Merauke.

Seluruh instansi tersebut bersama- sama memberikan pembekalan berupa sosialisasi tugas dan fungsi CIQ kepada Satgas Pamtas yakni Batalyon Infantri 122/Tombak Sakti dan Batalyon Mekanis 611/Awang Long. Kegiatan ini terlaksana berkat terjalinnya K3 yang baik antara CIQ dan TNI AD sehingga menciptakan situasi yang kondusif di perbatasan RI. Sosialisasi disampaikan langsung oleh masing-masing pimpinan CIQ wilayah Merauke terkait tugas dan fungsinya serta aturan pelintasan masyarakat tradisional di wilayah perbatasan.

Dalam kegiatan ini Kepala Stasiun KIPM Merauke, Nikmatul Rochmah memberikan materi tentang penyelenggaraan karantina ikan di perbatasan serta jenis-jenis ikan yang diatur dalam KEPMEN-KP No. 1 Tahun 2021 tentang jenis ikan yang dilindungi. Di dalamnya terdapat Ikan Arwana Irian yang masuk dalam status perlindungan terbatas, dimana ikan ini sering dilalulintaskan di Lintas Batas RI-PNG.

Selain itu Satgas Pamtas juga mendapatkan sosialisasi dari BKSDA Wilayah Merauke tentang satwa liar yang dibatasi dan dilindungi. Dari sosialisasi tersebut diharapkan Satgas Pamtas yang baru ditugaskan selalu dapat berkoordinasi terkait lalu lintas orang atau barang di perbatasan dalam rangka penguatan sistem pengawasan di perbatasan Unit Kerja BKIPM Unit Kerja Eselon Il atau UPT UPT – Stasiun KIPM Merauke Unit Kerja KKP lain yang terlibat.

Artikel Terkait

Korem 174/ATW Gencar Cegah Penyebaran Covid 19

Arafura News

Rampungkan Pembangunan Lab PCR

Arafura News

Di Momen Hari Pers Nasional, ‘Danrem Dan Kapolres Titip Pesan Untuk Jurnalis Merauke’

Arafura News

Kasrem : Penilaian Bukan Dari Kami Tapi Dari Masyarakat

Arafura News

Prajurit Harus Bisa Merebut Hati Masyarakat

Arafura News

Danrem :Tanah Ini Butuh Prajurit Yang Mencintai Orang Papua

Arafura News

Antisipasi Isu Makar, ‘Danrem Imbau Masyarakat Cinta NKRI’

Arafura News

Danrem Merauke Peringkat 1 Pelatihan Kehumasan Unsur Pimpinan TNI AD

Arafura News

Sambut Bulan Penuh Kasih, ‘Korem 174/ATW Gelar Lomba Paduan Suara Mars Babinsa’

Arafura News