Pasific Pos.com
Headline

Peralatan PON XX Papua diinventarisasi

Tim pemeriksa barang PB PON dan pemerintah melakukan inventarisasi dan pendataan peralatan di klaster Mimika usai digunakan pada pekan olahraga nasional 2-15 Oktober lalu. (foto/Gustap Pui)

JAYAPURA – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua 2021 melakukan inventarisasi peralatan olahraga yang digunakan pada event empat tahunan tersebut.

Proses inventarisasi semua peralatan olahraga sudah dilakukan oleh tim pemeriksa pemerintah maupun PB PON di klaster Mimika, dan direncanakan pada Senin besok di kota dan Kabupaten Jayapura.

Ketua Bidang I PB PON Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan bahwa proses inventarisasi, pemeriksaan dan penarikan kembali peralatan olahraga sudah dilakukan.

Oleh karena itu, semua peralatan pertandingan yang dibelanjakan menggunakan anggaran APBN maupun APBD semuanya akan didata dan diperiksa kembali. “Kita akan periksa dan tarik kembali selanjutkan akan diserahkan kepada pemerintah provinsi Papua,” kata Yusuf Yambe ketika dikonfirmasi via telepon selulurnya, Jumat (12/11).

Yusuf mengatakan, peralatan ini tidak hanya diperiksa oleh tim pemeriksan pemerintah dan PB PON, tetapi nantinya juga akan diperiksa oleh tim pemeriksan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Setelah pemeriksaan oleh BKP RI, selanjutnya pemerintah akan mengambil keputusan untuk berkoodinasi dengan Koni, terkiat penggunaan peralatan oleh masing-masing cabang olahraga yang ada Papua.

“jadi semua peralatan dan perlengkapan olahgara yang berada di empat klaster kita inventarisasi, jika kepala daerah (Bupati/Walikota) ingin menahan peralatan untuk cabang olahraga di daerahnya, silakan berkoodinasi dengan bapak gubernur, pada prinsipnya tugas kita hanya memastikan semua peralatan ini baik dan siap untuk diperiksa kembali sebelum dihibahkan oleh pemerintah ke koni,” jelasnya.

Yusuf menambahkan, beberapa peralatan maupun timing system PON juga digunakan oleh teman-teman di Peparnas, apapun yang dibutuhkan oleh teman-teman di peparnas kita mensuport.

Namun, untuk peralatan yang tidak digunakan di Peparnas setelah diperiksa akan disimpang di gudang. “kita sudah siapkan gudang di di masing-masing klaster. Ada juga beberapa peralatan yang kita simpang di gudang venue cabang olahraga,” ucapnya.

Artikel Terkait

Bonus PON XX Papua Cair Bulan Depan

Bams

Disorda Papua Siapkan Strategi Pemanfaatan Venue Pasca PON dan Peparnas

Bams

Lampaui Target Medali Emas, Sekum KONI Papua Ungkap Rahasianya

Bams

PB PON Ucapkan Terima Kasih kepada Presiden Joko Widodo

Bams

Grab Mitra Resmi Transportasi PON XX Papua 2021

Bams

Terbang Layang Papua Optimis Sabet Medali Emas

Bams

Peralatan Penunjang Cabor Biliar Sudah Siap

Bams

Laurensius: Pertandingan Futsal PON XX Siap Digelar

Bams

Sukses Tes Event, Panpel Cabor Cricket “Tatap” PON XX

Bams