Pasific Pos.com
Headline Olahraga

Papua Protes Atlet Terbang Layang DKI dan Jawa Barat

Jayapura – Pelatih Terbang Layang Papua, Paul Mnusefer ajukan protes kepada atlet DKI Jakarta dan Jawa Barat yang akan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Sebab, atlet kedua provinsi tersebut tidak mengikuti Pra Kualifikasi PON XX Papua yang digelar di hanggar Pusdikterla, Lanud Suryadarma, Jawa Barat, pada bulan Agustus hingga September 2019 lalu.

Menurutnya, sebagai tuan rumah penyelanggara PON, secara otomatis Papua ikut serta dalam kejuaraan bergengsi antar provinsi tersebut. Namun, tidak benar jika ada atlet dari provinsi lain yang lolos PON tanpa ikut pra kualifikasi.

Jadi, atlet DKI Jakarta 8 orang dan Jawa Barat 1 orang tidak ikut Pra PON, tapi dinyatakan lolos PON dengan surat kecepatan terbang dari luar negeri, ini tidak benar, saya akan laporkan Koni Papua untuk ajukan protes secara resmi ke Koni pusat,” tegasnya.

Dikatakan, atlet DKI dan Jawa Barat bermodalkan surat kecepatan terbang dari Australia dan Amerika, langsung diikutkan dalam PON XX Papua, padahal, atlet yang berhak tampil di PON adalah atlet yang lolos kualifikasi PON.

“Ini sudah tidak benar, kami akan protes, jika provinsi lain yang ikut pra kualifikasi PON mendapat informasi ini pun akan protes,” tegasnya lagi.

Diketahui, Kejuaraan Nasional Terbang Layang Dan Babak Kualifikasi PON XX Papua, yang digelar sejak tanggal 25 Agustus 2019 diikuti oleh 9 Provinsi, yakni, DKI Jakarta, Banteng, Jawa Barat, DI Jogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan dan Jawa Tengah.

Kontingen Provinsi Jawa Barat berhasil menjadi juara umum dengan menyabet 9 Emas, 4 Perak dan 5 Perunggu.

Artikel Terkait

Workshop Jurnalis, Gaung Peparnas Harus Sampai ke Seantero Indonesia

Bams

PON XX, Peralatan Biliar Dikirim ke Mimika

Bams

Ini kata Tokoh Adat Kabupaten Jayapura Soal Otsus, DOB dan PON XX Tahun 2021

Jems

Band Kotak dan Komunitas Kesenian Papua Meriahkan Gebyar PON

Bams

Anggaran PON XX Rp 94,8 Miliar Disalurkan ke Sub PB Klaster Kabupaten Jayapura

Jems

Tim Kemendagri cek kesiapan PON Papua

Bams

Klaster Mimika Menunggu Kepastian Anggaran PON

Bams

Kembali Pertegas Pengamanan PON, Untung Sangaji:Masuk Di Area Saya Tanpa Status, Langsung Dikeluarkan

Arafura News

Tokoh Lintas Agama Siap Sukseskan PON XX Papua

Bams