Pasific Pos.com
Headline

Musrembang 2022, Lukas Enembe: Ini Momen Penting dan Strategis

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Otonomi Khusus (Musrembangsus) dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrembangda) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2023.

Musrembangda tahun ini merupakan tahapan penting dan strategis penting, karena memasuki tahun terakhir atau tahun kelima masa kepemimpinan saya selaku Gubernur Papua.

Hal itu dikemukakan Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam sambutan yang dibacakan Plh Sekda Papua, Derek Hegemur, pada rapat Pembukaan Musrenbang, Selasa (19/4/2022).

Menurut Lukas Enembe, kita harus bertanggungjawab dan memperhatikan momentum- momentum yang sudah dicapai dan perlu meningkatkan akselerasi pembangunan dalam mendukung pencapaian terhadap Visi dan Misi saya sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD 2019-2023, yaitu : Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan.

Oleh karena itu, mengacu pada RPJMD dan RKP Nasional Tema yang ditetapkan dalam RKPD Provinsi Papua Tahun 2023 adalah “Memastikan Terwujudnya Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan” Tema tersebut diselaraskan dengan Tema Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2023 yaitu “Peningkatan Produktifitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Dikatakan Lukas Enembe, pelaksanaan Musrenbang Provinsi Papua tahun 2022 dalam rangka Penyusunan RKPD tahun 2023 merupakan momen penting dan strategis, yaitu , pertama, RKPD Provinsi Papua Tahun 2023 harus bisa memastikan pencapaian semua sasaran dalam RPJMD Provinsi Papua Tahun 2019-2023.

Kedua, tahun 2023 adalah awal pelaksanaan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) sebagai dokumen acuan bersama seluruh level pembangunan Provinsi Papua.

Ketiga, tahun 2023 adalah awal implementasi regulasi baru pengelolaan dana Otonomi Khusus dimana Provinsi dan Kabupaten/Kota sama- sama sebagai penerima dana Otonomi Khusus, yang merupakan sumber dana utama pembiayaan pembangunan di Provinsi Papua.

Keempat, RKPD tahun 2023 harus bersinergi dalam mendukung pencapaian target pembangunan nasional dan keberhasilan Major Project Nasional tahun 2023 di Provinsi Papua.

Pada kesempatan itu, Gubernur Enembe juga mengingatkan kepada para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah daerah Provinsi Papua untuk lebih intensif berkoordinasi dengan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten/kota dalam membangun sinergitas perencanaan.

“Saya meminta kepada para Bupati dan Walikota untuk mengkoordinasikan seluruh jajarannya dalam mendukung upaya mensinergikan pembangunan tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota,” imbaunya.

Gubernur Enembe berharap, kegiatan musrenbang ini dapat terciptanya inovasi dan mengembangkan ide-ide baru dalam perencanaan serta dapat berperan aktif memberikan sumbangan pemikiran dan transfer knowledge, yang bersifat membangun dalam rangka mendorong terwujudnya pencapaian visi “Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan” di Provinsi Papua.

Artikel Terkait

Kunjungi SMKN 4 Jayapura, Komisi V DPR Papua Temukan Sejumlah Masalah

Bams

Pemprov Papua Bangun ASN Profesional Menuju Birokrasi Kelas Dunia

Bams

Legislator asal Papua Himbau Masyarakat Sambut DOB

Bams

Launching Papua Jadi Provinsi Olahraga

Bams

Kabar Gubernur Papua dideportasi oleh Singapura Hoax

Bams

Kepala Perwakilan PBB Tinjau Program Kerjanya di Papua

Bams

Penyebaran Berita Hoax Catut Akun Kepala Biro Umum Papua

Bams

Pemprov Papua Komit Tekan Angka Pengangguran

Bams

Musprov KONI Papua Digelar 19-20 Mei 2022

Bams