Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Magdalena Awoitauw Buka Jambore PKK Distrik Sentani

Ketua TP PKK Kabupaten Jayapura, Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd, didampingi Kepala Distrik Sentani Eroll Y. Daisiu, SE, dan Ketua TP PKK Distrik Sentani Martje B. Daisiu bersama beberapa pengurus TP PKK Kabupaten Jayapura lainnya saat meninjau stand Kampung Sereh yang ikut dalam Jambore PKK tingkat Distrik Sentani, Kamis (19/11) sore.

SENTANI- Ketua TP PKK Kabupaten Jayapura, Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd, membuka secara resmi Jambore PKK Tingkat Distrik Sentani, Kamis (19/11) sore.

Kepada wartawan usai membuka Jambore PKK Tingkat Distrik Sentani, Magdalena berharap kegiatan Jambore ini tidak hanya seremonial saja. Akan tetapi, output dari kegiatan yang diterapkan di kampung atau kelurahan yang ada dalam Distrik Sentani.

“Harapan saya, semoga apa yang kita lakukan selama tiga hari ini tidak hanya seremonial belaka. Tapi, proses pembelajaran selama tiga hari ini betul-betul dorang ambil atau petik sesuatu yang berharga dari pembelajaran yang mereka dapat selama pelaksanaan jambore tersebut. Dengan melaksanakan 10 pokok program PKK ini, kita berharap perempuan-perempuan yang ada di daerah kita ini semakin sejahtera, semakin maju seperti perempuan-perempuan lainnya di Indonesia,” ungkap Magdalena.

“Jadi setelah menerima materi dari sini, kemudian pulang ke kampung/kelurahan kita mulai benahi kampung/kelurahan kita masing-masing. Nah, kita mau tunggu siapa yang mau datang bantu kita, kalo bukan kita sendiri yang membenahi kampung kita, dengan menerima pelajaran atau materi selama pelaksanaan jambore PKK ini,” lanjutnya.

Pada Jambore PKK tingkat Distrik Sentani yang pertama pada Tahun 2020 itu berlangsung selama tiga hari dan dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian kegiatan.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Distrik Sentani, Eroll Y. Daisiu, SE, kepada wartawan mengatakan, pihaknya terus berupaya dan berkomitmen guna melakukan pembinaan demi kemajuan PKK.

“Kami tetap berkomitmen melakukan pembinaan secara maksimal demi kemajuan PKK. Karena kami sangat menyadari bahwa Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Jayapura ingin keluarga besar PKK Kabupaten Jayapura ini semuanya maju dan bergerak aktif di lingkungan masing-masing. Kami yakin Distrik Sentani ikut andil,” kata Eroll Daisiu.

Pada kesempatan ini, Kadistrik Eroll Daisiu juga menyampaikan pihaknya berupaya terus memberikan dukungan agar pelaksanaan jambore Kader PKK ini dapat dilaksanakan.

“Jadi upaya yang kami lakukan dari distrik, hari ini pelaksanaan jambore Kader PKK di mulai dan kita sudah memberikan dukungan khususnya kepada PKK distrik, untuk bagaimana mengkoordinir seluruh PKK Kampung dan Kelurahan guna pelaksanaan jambore ini boleh berjalan dengan baik. Dengan adanya pelaksanaan jambore ini, kita memberikan apresiasi agar ibu-ibu yang berasal dari 7 kampung dan 3 kelurahan ini dapat terlibat terus didalamnya. Sehingga apa yang menjadi tujuan besar dari Kabupaten Jayapura itu dapat terwujud,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Distrik Sentani, Martje B. Daisiu mengungkapkan, Jambore PKK tingkat Distrik Sentani ini sebagai ajang pertemuan segenap anggota PKK dari Kampung/Kelurahan, serta Distrik agar memiliki semangat dan motivasi untuk mengembangkan peran PKK ditengah masyarakat.

Tujuan Jambore PKK ini adalah seleksi ditingkat Distrik yang nantinya diikut sertakan pada pelaksanaan Jambore tingkat Kabupaten Jayapura pada tahun 2021 mendatang. Jambore PKK tingkat Distrik Sentani dilaksanakan selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 19 November 2020 hingga tanggal 21 November 2020, di areal lokasi Perumahan BTN Joko Indah, Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Jadi tujuan dari kegiatan ini sekaligus juga menjadi pembelajaran bagi kita kader PKK yang ada di distrik, tapi yang lebih utama kepada kader PKK Kelurahan/Kampung. Kegiatan ini memang baru di Distrik Sentani, karena selama pengurus berganti pengurus atau ketua berganti ketua itu kegiatan semacam ini tidak pernah dibuat di Distrik Sentani. Ini merupakan awal dan ini juga merupakan ajang persiapan untuk kita PKK Distrik Sentani menuju ke Jambore PKK tingkat Kabupaten Jayapura, sehingga dari hasil ini yang akan kita bawa ke kabupaten,” tukasnya.

Adapun jumlah peserta pada jambore kali ini sebanyak 117 orang dari 7 Kampung dan 2 Kelurahan. Sedangkan jenis perlombaan meliputi lomba rumah sehat, lomba yel-yel, lomba pidato 10 program PKK, lomba penyuluhan, lomba bisik berantai, lomba bongkar pasang puzzle serta lomba hiburan seperti lomba gawang mini dan tarik tambang untuk ibu-ibu.

Selama pelaksanaan jambore ini juga menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Artikel Terkait

TP PKK Papua Fasilitasi Pembekalan Bagi Anggota Baru

Bams

Peringati Harganas Ke-27, TP-PKK Kabupaten Jayapura berbagi sembako

Jems

Perangi Covid-19 Masyarakat Harus Patuh Pada Peraturan Pemerintah

Fani

Relawan Ini Apresiasi Pemberian Bantuan PKK Merauke

Arafura News

Mantapkan Rencana Pelaksanaan HKG PKK Tahun 2020, Panitia Gelar Pertemuan

Jems