Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Konferensi KAPP di Waropen, Bahas Ekonomi dan Potensi Daerah

KAPP-18-09-20-1
Suasana Konferensi KAPP di Waropen yang dilaksankan di Aulah Penginapan Kanaan, Distrik Ureifaisei, Jumat (18/9).

Waropen – Gelar Konferensi di Kabupaten Waropen, Kamar adat Pengusaha Papua (KAPP), bahas pembangunan ekonomi khususnya bagi masyarakat Orang Asli Papua (OAP) salah satunya adalah pemanfaatan potensi daerah.

Konferensi yang dilaksanakan di Aula Penginapan Kanaan Distrik Urei Faisei, Jumat (18/09/20), dibuka langsung oleh Bupati Waropen Yermias Bisai,S.H, dengan peserta kurang lebih 50 orang, yang terdiri dari kontraktor, pengusaha kecil dan menengah.

Kegiatan yang bertemakan membangun ekonomi, mulai dari dusun, menata pembangun mulai dari kampung, dihadiri oleh Ketua KAPP Provinsi Papua Musa Haluk beserta Sekertaris, Korwil KAPP Saireri Aprilia Uruwaya, dan Ketua KAPP Kabupaten Waropen Kaleb Woisiri.

Bupati Waropen Yermias Bisai dalam sambutannya, menyampaikan keberadaan KAPP di Waropen dapat menjadi pendorong bagi pembangunan ekonomi masyarakat, khusunya Orang Asli Papua. “ cakupan KAPP bukan hanya saja pada kontraktor, namun harus mencakup pengusahan dari elemen bawah, sehingga dapat merangkum semua anak-anak asli Papua”.

Disampaikan , Daerah Waropen mempunyai potensi luar biasa, dan sumberdaya ini harus dipikirkan bersama agar dapat membuka lapangan kerja, sehingga warga tidak hanya berorientasikan hanya pada profesi menjadi Pegawai Negeri Sipil, namun ia berharap, anak anak Papua harus bisa menjadi mesin uang, dan tidak bergantung kerja pada orang lain.

“Keberadaan KAPP adalah merupakan ruang yang sangat baik secara khusus bagi Orang Asli Papua, jadi KAPP harus bisa melihat potensi lain, yang bisa membuka usaha untuk membuka lapangan kerja dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat asli papua, sehingga tidak fokus hanya menjadi Kontraktor saja”.

Pada kesempatan itu juga, Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah mendukung langka-langka yang akan di lakukan oleh KAPP di Kabupaten Waropen, namun ia memintah kepada Pengurus KAPP agar dalam menyusun program harus terlaksana dengan baik.

“Dari Pemerintah daerah saya tetap berikan dukungan, yang penting direncakan secara baik, tidak usah buat program banyak-banyak, dengan dua program atau lima program tetapi berjalan dengan baik”.

Ia juga memintah agar pengurus KAPP waropen dapat memberikan laporan kepada Pemerintah, apa yang menjadi pokok pembahasan dalam konfrensi ini, sehingga pemerintah dapat menindaklanjutinya, harapnya.

Artikel Terkait

Pjs Bupati Waropen Hadiri Pelepasan Jenazah Sukoi Zeth Tanati

Afrans

Pjs Bupati Waropen Resmikan Gedung GPDI Jemaat Ebenheizer Botawa

Afrans

Pastikan Layanan Pemerintahan Berjalan Baik, Pjs Bupati Waropen Sidak ke Sejumlah OPD

Afrans

Temui Guru Honorer Saat Aksi Demo, Pjs Bupati Waropen Buka Palang Kantor Disdikbud

Afrans

Kepala BPK Papua Gelar Pertemuan dengan Jajaran Pemkab Waropen, Ini Yang Dibahas

Afrans

Pjs Bupati Ajak Jajarannya Bersnorkeling di Pulau Nau

Afrans

Tinjau Bandara dan Bendungan Air Bersih di Botawa, Pjs Bupati Waropen Sebut 21 November Bandara Diresmikan

Afrans

Agar Rumah Sakit Beroperasi, Ini Langka Pjs Bupati Waropen Muhammad Musa’ad

Afrans

Pjs Bupati Waropen Ajak ASN dan Forkopimda Jalan Santai

Afrans