Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Keuangan Desa Harus Dikelola dengan Baik

Kepala DPMK Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra

SENTANI – Keuangan desa harus dikelola dengan baik dan benar karena merupakan kewajiban dari Pemerintah Kampung untuk melakukan hal tersebut.
“Keuangan desa itu harus dikelola dengan baik secara administrasi, secara penggunaan dan juga baik dalam pengelolaannya. Nah, jadi keuangan kampung (desa) itu sudah diatur dalam Permendes maupun Peraturan Menteri Keuangan. Karena ada mekanisme sistem pengelolaan keuangan desa atau disebut dengan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes),” tegas Kepala DPMK Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra saat dikonfirmasi wartawan media online ini, Senin (18/1/2021) sore.

Elisa mengatakan, Kabupaten Jayapura sudah menggunakan Siskeudes itu sejak beberapa tahun lalu hingga tahun 2021 ini.

“Jadi sistem ini, kita langsung didampingi oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Papua. Nah, ini yang diamanatkan oleh regulasi untuk BPK mendampingi semua Pemerintah Daerah dalam hal ini instansi teknis atau Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, guna melatih dan mempersiapkan sistem keuangan kampung tersebut,” katanya.
Elisa menyatakan, setiap tahun itu ada perubahan atau tambahan aplikasi dari sistem keuangan desa itu.

“Jadi pelatihan yang tadi dilaksanakan itu merupakan sebuah kesepakatan kampung-kampung yang ada di tingkat Pemerintah Distrik Gresi Selatan, yang mana mereka sepakat mengawalinya untuk tahun ini dengan melatih aparat atau operator-operator kampung untuk bisa memahami aplikasi pengelolaan sistem keuangan desa,” ujarnya.

Selain itu, Elisa mengingatkan agar kampung di Kabupaten Jayapura jangan sampai ada yang terjerat kasus hukum dalam mengelola Dana Desa (Kampung).
“Dalam mengelola Dana Desa harus sesuai dengan apa yang di amanatkan dalam regulasi atau Undang-undang dan jangan sampai dana yang besar ini malah menggiring aparat kampung ke jeruji besi,” pesannya.

Untuk itu, Elisa sangat menyambut baik pelatihan Siskeudes berbasis aplikasi yang akan memudahkan bendahara dan aparat kampung dalam mengelola dan menatausahakan keuangan desa.

“Saya pikir hal itu yang baik sekali dari Pemerintah Distrik Gresi Selatan yang sudah mengawalinya lebih dulu menyikapi soal pelatihan Siskeudes berbasis aplikasi,” tukasnya.

Pelatihan aplikasi Siskeudes yang dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, ini diikuti oleh seluruh kampung yang ada di Distrik Gresi Selatan.

Artikel Terkait

Tutup FDS Ke- XIV, Walilo Sebut Dukungan Semua Pihak Hingga Apresiasi Pemkab Jayapura

Jems

FDS XIV Diharapkan Dapat Meningkatkan Ekonomi OAP Kabupaten Jayapura

Jems

Tingkatkan SDM, Dispora Kabupaten Jayapura Gelar Kursus Pelatih Lisensi D

Jems

Panen Perdana 4,4 Hektar Jagung, Danlanud: Sesuai Instruksi Panglima TNI dan Kasau untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

Jems

Danlanud Silas Papare Apresiasi Pj Bupati: Ini Bukti Kita Berkolaborasi, Bersinergi untuk Memajukan Jayapura

Jems

Buka Baku Timba Fest Dirgantara – Hari Kebangkitan Nasional, Pj Bupati Jayapura Apresiasi Danlanud Silas Papare

Jems

Buka TMMD Ke- 120, Bupati Triwano Purnomo Apresiasi Kodim 1701/ Jayapura

Jems

Peringati Bergabungnya Papua ke NKRI, Pemkab Jayapura Gelar Upacara

Jems

Silaturahmi ke Dewan Pers, Kadis Kominfo Kabupaten Jayapura: Kami Juga Minta Masukan dan Arahan Dewan Pers

Jems

Leave a Comment